Updated: Tue, 30 Apr 2013 11:45:00 GMT | By Merdeka, Merdeka

SBY Beri Sinyal Kenaikan BBM Kemungkinan Juni 2013

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bakal direalisasikan usai pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja perubahan (RAPBN-P) 2013.


Seorang petugas SPBU tengah mempersiapkan kenaikan harga BBM bersubsidi. (© Antara Photo)

Seorang petugas SPBU tengah mempersiapkan kenaikan harga BBM bersubsidi.

Dalam pidatonya di hadapan para menteri, gubernur, wali kota dan bupati seluruh Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menegaskan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Rencana tersebut bakal direalisasikan usai pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja perubahan (RAPBN-P) 2013.

Presiden SBY mengatakan, kenaikan harga BBM akan direalisasikan jika dana kompensasi ke masyarakat sudah siap. Pertaannya, kapan dana tersebut siap? "Dana kompensasi akan disampaikan dalam RAPBN-P 2013. dan akan segera dibahas pemerintah dan DPR," jelas SBY saat membuka Musrenbangnas di Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4).

SBY pun meminta agar pembahasan RAPBN-P 2013 bisa tuntas dalam waktu satu bulan. Pemerintah dan DPR mulai membahas RAPBN terhitung mulai 1 Mei. Jika pembahasan RAPBN-P 2013 tuntas bulan Mei, maka Presiden secara tidak langsung memberi sinyal kenaikan BBM pada Juni 2013.

"Saya ingin bulan Mei selesai pembahasan APBN-P. Saya sungguh berharap DPR dan pemerintah. Jika DPR sepakat, Insya Allah selesai Mei, dana kompensasi sudah siap. Maka tentu kenaikan harga BBM langsung kita berlakukan," tegasnya.

Kepala negara juga sempat mengatakan ada kritikan yang dialamtkan ke pemerintah mengenai keterlambatan menaikkan harga BBM. SBY beralibi bahwa pemerintah hanya memilih opsi menaikkan harga BBM sebagai jalan terakhir. SBY meminta anak buahnya untuk memberi penjelasan kepada masyarakat.

"Jika tak ada opsi lain karena pasti ada dampaknya. Secara ekonomi dan sosial, serta keamanan. Dengan penjelasan ini, para menteri akan sungguh memahami dan bisa jelaskan ke masyarakat," katanya.

2Komentar
30 Apr, 2013 15:40
avatar
saya setuju BBM di naikan .,
dalam 1 tarif jangan 2 tarif karna sama saja memboroskan bahan bakar dan memperbesar pengeluaran..,

saya setuju BBM di naikan karna untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan ..,
dan mengurangin Jumlah pengendara.,

jadi pergunakan saja fasilitas transportasi umum yang sudah di sediakan .., :D



30 Apr, 2013 12:48
avatar
Baik yang miskin dan kaya sama aja tuh bloon dlm penggunaan BBM

bagus naikkin aja BBM nya.
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.397 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.344 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    335 respon

Total Respon: 8.076
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft