Republika Online
Updated: Fri, 05 Apr 2013 06:42:40 GMT

Wamendikbud: Tahun Ini, Gaji Guru Tak Akan Telat



Wamendikbud: Tahun Ini, Gaji Guru Tak Akan Telat

Wamendikbud: Tahun Ini, Gaji Guru Tak Akan Telat

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kini memusatkan distribusi semua jenis tunjangan guru. Dengan adanya pemusatan tersebut, pemerintah berjanji gaji guru tak akan telat.

Mulai tahun ini, anggaran tunjangan profesi bagi guru PNS, guru bukan PNS, serta pengawas satuan pendidikan yang berada di bawah binaan provinsi baik jenjang PAUD-NI, Dikdas, dan Dikmen, dialokasikan pada APBN Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Kemdikbud.

Begitu pula untuk anggaran tunjangan khusus, subsidi tunjangan fungsional, dan bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik ke S1/DIV.

"Mulai tahun 2013 mekanisme penyalurannya yang semula dialokasi pada dana dekonsentrasi di provinsi kini melalu DIPA Direktorat P2TK terkait," tutur Wamendikbud Musliar Kasim pada pembukaan 'Rapat Koordinasi Persiapan Penyaluran Tunjangan Guru 2013' di Bali, Kamis (4/5).

Menurut Musliar, pemusatan distribusi tunjangan guru tersebut merupakan hasil kesepatan Rapat Kerja (Raker) Komisi X DPR RI dengan Mendikbud tertanggal 14 Desember 2012 lalu.

Dalam raker tersebut disepakati bahwa semua kegiatan dekonsentrasi ditarik ke pusat kecuali kegiatan perencanaan, koordinasi, sosialisasi, pengawasan, evaluasi, dan monitoring yang dilakukan dinas pendidikan provinsi. "Agar tidak terjadi lagi guru yang terlambat menerima tunjangan dari pemerintah."

Selain itu, Musliar mengungkapkan, pada 2013 terdapat mekanisme penerbitan Surat Keputusan (SK), baik SK penerima tunjangan profesi, tunjangan khusus, subsidi tunjangan fungsional, maupun biaya peningkatan kualifikasi akademik ke S1/D1V, khususnya untuk pendidikan dasar, dilakukan melalui dua cara yaitu dengan sistem digital (dapodik) dan manual.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.895 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.031 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    703 respon

Total Respon: 7.629
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft