Republika Online
Updated: Thu, 25 Apr 2013 23:43:07 GMT

Usai Panen Raya, Petani Sukabumi Beralih Tanam Kedelai



Usai Panen Raya, Petani Sukabumi Beralih Tanam Kedelai

Usai Panen Raya, Petani Sukabumi Beralih Tanam Kedelai

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Sebagian petani di selatan Kabupaten Sukabumi mulai beralih menanam kacang kedelai. Hal ini dilakukan setelah sebelumya petani menggelar panen raya padi.

"Setelah panen, banyak petani yang beralih menanam kedelai,’" ujar Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Kecamatan Surade, H Sahlan, kepada Republka, Kamis (25/4).

Peralihan jenis tanaman ini terutama dilakukan di daerah yang areal persawahannya mulai kesulitan memperoleh air. Menurut Sahlan, peralihan jenis tanaman ini dilakukan untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau.

Terlebih, pada pengalaman tahun sebelumnya banyak petani yang mengalami kerugian cukup besar akibat masalah kekeringan.Pasalnya, mereka tetap menanam padi menjelang datangnya kemarau.

Akibatnya, di tengah perjalanan tanaman padi sulit memperoleh pengairan yang akhirnya berdampak pada gagal panen (puso). Kondisi ini diperparah dengan fakta mayoritas areal pertanian di selatan Sukabumi merupakan sawah tadah hujan.

Namun, kata Sahlan, ada sebagian petani lainnya yang tetap menanam padi setelah panen raya padi. Umur tanaman tersebut rata-rata baru mencapai satu bulan.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan (DPTP) Kabupaten Sukabumi, Sudrajat menerangkan, pada 2012 lalu banyak areal pertanian milik petani yang mengalami kekeringan.

Dari data DPTP menyebutkan, jumlah luasan yang kekeringan mencapai sebanyak 7 ribu hektare. Di mana sebanyak 2.499 hektare di antaranya mengalami gagal panen.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.345 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.086 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    316 respon

Total Respon: 7.747
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft