Republika Online
Updated: Sat, 09 Mar 2013 19:37:42 GMT

Upaya Memberantas Premanisme Terganjal HAM



Upaya Memberantas Premanisme Terganjal HAM

Upaya Memberantas Premanisme Terganjal HAM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi pemberantasan premanisme yang marak di Jakarta selalu terganjal Hak Asasi Manusia (HAM). Pelaku kriminal kerap kali bersembunyi di balik HAM.

"Inilah susahnya ketika hukum tunduk pada HAM," kata kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meliala ketika dihubungi, Sabtu (9/3)

Menurutnya, hukum sekarang ini dalam situasi yang manghargai HAM. Karenanya, hukum tidak bisa sewenang-wenang. Akan menjadi kasus kalau ada bukti dan saksi. Sementara, kalau hanya kasus ringan ketika keluar dia akan melakukan hal itu lagi.

"Hercules itu criminal career," kata Adrianus

Artinya, tambah dia, Hercules hanya bekerja di bidang kriminal. Ia pun sudah lama menggeluti dunia kriminal. Ini yang membuatnya berkali-kali berurusan dengan hukum. "Seperti tidak ada kerjaan yang lain," katanya

Sulitnya penegakan hukum karena terkait HAM, menjadikan Hercules atau kriminal lainnya merasa aman. Apalagi Hercules merupakan pemain dan ahli di bidang itu.

Hercules juga dianggap tahu bagaimana menghalangi penindakan. Makanya menjadi tepat ketika ketika Hercules menyerang polisi, dan langsung ditangkap ketika ada bukti dan saksi.

"Ya, baguslah, polisi sudah bertindakk tegas. Kita sebagai masyarakat mengapresiasi kinerja kepolisian," kata Adrianus

Adrianus mengungkapkan, ada langkah yang harus dilakukan polisi yaitu menutup perputaran premanisme. Setelah John Kei ditangkap, Hercules merasa tidak tertandingi. Sekarang Hercules tertangkap. Roda perputaran tersebut agar tidak terisi dengan preman lainnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.359 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.298 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    474 respon

Total Respon: 7.131
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft