Republika Online
Updated: Wed, 16 Jan 2013 14:09:08 GMT

Ulama: Gus Dur Berperan Besar Suburkan Toleransi



Ulama: Gus Dur Berperan Besar Suburkan Toleransi

Ulama: Gus Dur Berperan Besar Suburkan Toleransi

REPUBLIKA.CO.ID,Ulama Kota Bogor KH Firdaus mengatakan, Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur merupakan sosok yang berperan besar dalam menyuburkan budaya toleransi, saling menghargai dan menghormati.

"Gus Dur telah mengajarkan bangsa ini betapa pentingnya toleransi dan kebersamaan dalam mencapai cita-cita bersama sebagai sebuah bangsa, sehingga Gus Dur juga perekat bangsa," kata KH Firdaus pengasuh Pesantren Nurul Huda Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu, (16/1).

Keluarga Pesantren Nurul Huda dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Tanahsareal pada Rabu menggelar 'haul' ketiga KH Abdurrahman Wahid, yang dipusatkan di Aula Gedung Madrasah Ibtidaiyah pesantren tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri 50 orang peserta, terdiri atas guru-guru MI dan Pesantren Nurul Huda. Selain itu, juga hadir puluhan pimpinan pesantren, majelis taklim, majelis dzikir dan aktivis pemuda. Dalam kesempatan tersebut, para peserta membacakan dzikir dan tahlil, mengenang tiga tahun kepergian KH Abdurrahman Wahid.

"Gus Dur memang telah pergi tiga tahun silam. Namun apa yang beliau ajarkan dan tinggalkan bagi bangsa ini bersifat abadi, tidak pernah mati. Bahkan Gus Dur tidak hanya berjasa bagi bangsa ini, tetapi juga bagi dunia Islam," kata Firdaus.


Sementara itu, Pengasuh Pesantren Bahrul Huda Tanahsareal H. Alwi mengatakan, Gus Dur merupakan guru bangsa yang memiliki jasa besar bagi terwujudnya demokrasi dan kedamaian di Indonesia. Sumbangan Gus Dur bagi umat Islam dan bangsa Indonesia perlu diapresiasi.














0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.301 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.237 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    890 respon

Total Respon: 9.428
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft