Republika Online
Updated: Fri, 12 Apr 2013 01:01:00 GMT

Tiga Pasangan Calon 'Berlaga' pada Pemilukada Jateng



Tiga Pasangan Calon 'Berlaga' pada Pemilukada Jateng

Tiga Pasangan Calon 'Berlaga' pada Pemilukada Jateng

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Tiga pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) dipastikan akan 'bertarung' pada pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Jawa Tengah (Jateng).

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jateng resmi menetapkan tiga pasangan cagub dan cawagub peserta pemilikada Jawa Tengah, yang akan dihelat 26 Mei mendatang.

Penetapan ketiga pasangan cagub dan cawagub ini dilaksanakan melalui rapat pleno KPUD Jawa Tengah yang dihadiri tim pemenangan masing-masing pasangan, Kamis (11/4).

Ketiga pasangan cagub dan cawagub ini yang diputuskan pada pleno dan telah memenuhi persyaratan dan ketentuan untuk maju dalam pemilukada Jawa Tengah, setelah dilakukan verifikasi dan penelitian sesuai persyaratan.

Antara lain meliputi surat keterangan berketuhanan Yang Maha Esa, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, laporan harta kekayaan serta visi misi dari pasangan calon.

Masing-masing pasangan cagub dan cawagub ini adalah Bibit Waluyo-Soedijono Sastroatmodjo yang diusung Partai Demokrat (PD), Partai Golkar (PG) serta Partai Amanat Nasional (PAN).

Berikutnya pasangan cagub dan cawagub, Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara pasangan yang terakhir adalah Hadi Prabowo-Don Murdono yang diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama (PKNU).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah M Fajar Subhi AK Arif mengatakan penetapan ke-tiga pasangan cagub dan cawagub ini didasarkan pada keputusan KPUD Nomor: 13/Kpts/KPU-Prov-012/11/IV/2013 tertanggal 11 April 2013.

Hasil keputusan pleno KPUD Jawa Tengah tersebut, jelas Fajar, juga telah disampaikan kepada masing- masing tim sukses pasangan cagub dan cawagub.

Dengan telah dilaluinya tahapan penetapan pasangan calon ini, KPUD Jawa Tengah segera mempersiapkantahapan selanjutnya, pengundian nomor urut pasangan calon. "Pengundian akan dilangsungkan terbuka, pada 16 April," katanya menambahkan.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.375 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.241 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    322 respon

Total Respon: 7.938
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft