Republika Online
Updated: Wed, 05 Dec 2012 18:24:16 GMT

Tarik Penyidik Timbulkan Citra Negatif Bagi Polri



Tarik Penyidik Timbulkan Citra Negatif Bagi Polri

Tarik Penyidik Timbulkan Citra Negatif Bagi Polri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari segi kewenangan hukum tata negara, langkah yang dilakukan Mabes Polri menarik anggotanya sebagai penyidik KPK sudah benar.

Namun, langkah Polri tersebut akan memunculkan pandangan negatif di mata publik karena dilakukan pada saat waktu yang bersamaan dengan ditahannya tersangka korupsi simulator SIM Irjen Pol Djoko Susilo.

"Dari segi kewenangan Polri sudah benar. Itu kewenangan mereka sebagai lembaga negara. Apalagi jika penyidik yang ditarik masa kontrak tugasnya sudah habis. Tapi, langkah itu akan dinilai publik tak cermat karena menganggap Polri melakukan upaya balasan atas penahanan Djoko Susilo," kata Peneliti Pusat Studi Konsitusi (PuSAKO) Universitas Andalas Feri Amsari saat dihubungi Republika, Rabu (5/12).

Markas Besar (Mabes) Polri menyampaikan tidak akan melakukan perpanjangan masa bakti 13 anggotanya yang bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Polri menyampaikan, sesuai dengan surat penugasan yang berakhir pada 30 November lalu, secepatnya pada bulan Desember ini para penyidik akan seger ditarik dari KPK.

Ke-13 penyidik ini sendiri adalah Imam Turmudi, Robhertus Yohanes, Eddy Wahyu, Yohanes Ricard, Usman Purwanto, Asep Guntur, Bagus Suropraptomo, Taufik Herdiansyah Zeinardi, Afief Yulian, Salim Riyad, Budi Santoso, Budi Nugroho, dan Novel Baswedan.

Nama terakhir sempat santer dibicarakan publik, karena ia menjadi garda terdepan dalam membongkar kasus simulator SIM Polri yang menyeret nama Irjen Djoko Susilo. Dan kebijakan Polri menarik dirinya dari KPK pada Oktober lalu sempat mengundang polemik.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.113 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.236 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    452 respon

Total Respon: 6.801
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft