Republika Online
Updated: Tue, 05 Mar 2013 17:05:37 GMT

Sodetan Ciliwung Segera Direalisasikan



Sodetan Ciliwung Segera Direalisasikan

Sodetan Ciliwung Segera Direalisasikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rencana pemerintah untuk memprioritaskan sodetan sungai ciliwung akan segera direalisasi. Sebab, Kementerian Pekerjaan Umum, DPR, dan Kementerian Keuangan sudah tercapai kesepakatan.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto memastikan penyodetan sungai ciliwung akan dilakukan tahun ini. “Sodetan Ciliwung jadi tahun ini,” katanya saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Selasa (5/3). Ia mengak, desain sodetan sudah ada. Dana untuk realisasinya pun sudah disetujui oleh Kementerian Keuangan.

Besarannya sama seperti yang diajukan pertama kali, yakni Rp 2 triliun untuk tiga program utama menangani banjir di Jakarta. Saat ini tinggal menunggu persetujuan antara DPR dan Menteri Keuangan untuk merealisasikan sodetan ciliwung. Selain itu, proses tender pun akan segera dilakukan. “Akan segera kita tender. Prakualifikasi dulu,” tambahnya.

Untuk diketahui, pada awal Januari, tepatnya pada saat Jakarta dilanda banjir besar, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginstruksikan agar dilakukan penanganan segera, supaya hal serupa tidak terjadi di masa depan. Presiden SBY bahkan menggelar rapat terbatas (ratas) di tempat penampungan pengungsi GOR Jakarta Timur.

Dipinggir kali ciliwung, ia mengemukakan bahwa pemerintah menggelontorkan Rp 2 triliun untuk memastikan Jakarta tidak lagi terkena banjir. Dana tersebut akan dialokasikan untuk tiga program utama yang dilakukan beberapa tahun ke depan, yakni perlunya dibuat sodetan dari kali ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT); penataan dan penertiban aliran sungai ciliwung; serta penambahan sarana dan prasarana publik seperti MCK.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.863 respon
  2. 66 %
    Tidak
    4.945 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    691 respon

Total Respon: 7.499
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft