Republika Online
Updated: Mon, 25 Mar 2013 03:30:00 GMT

Setiap Tahun, Penggunaan Listrik Warga Bekasi Meningkat



Setiap Tahun, Penggunaan Listrik Warga Bekasi Meningkat

Setiap Tahun, Penggunaan Listrik Warga Bekasi Meningkat

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat penggunaan energi listrik warga setempat terus meningkat setiap tahunnya.

"Peningkatan konsumsi listrik warga Kota Bekasi terlihat dari semakin bertambahnya besaran pajak Penerangan Jalan Umum (PJU)," ujar Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi, Dadang Hidayat, di Bekasi, Ahad (25/3).

Menurut dia, indikasi adanya peningkatan tersebut bisa dikarenakan pemakaian yang semakin bertambah, penambahan jumlah penduduk, atau pertumbuhan industri. "Sayangnya, konsumsi listrik yang terus meningkat itu tidak diiringi dengan sikap bijak penggunanya untuk berhemat," katanya.

Dikatakan Dadang, Pemkot Bekasi rutin menggalakkan ajakan untuk berhemat energi, namun belum terbentuknya kesadaran akan hal itu di kalangan masyarakat membuat konsumsi listrik tetap tinggi.

Meski demikian, tak berarti ajakan berhemat harus berhenti. Pemerintah Kota Bekasi bisa memberikan contoh terlebih dulu aksi hemat listrik di perkantoran-perkantoran yang ada.

"Siang hari matikan lampu bila penerangan memadai. Begitu jam kerja berakhir, matikan semua peralatan listrik juga pendingin ruangan. Cukup nyalakan lampu seperlunya untuk penerangan," katanya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.260 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.124 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    878 respon

Total Respon: 9.262
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft