Republika Online
Updated: Tue, 02 Oct 2012 15:31:41 GMT

Semua PNS di DIY Kenakan Batik



Semua PNS di DIY Kenakan Batik

Semua PNS di DIY Kenakan Batik

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh DIY mengenakan pakaian seragam batik dengan motif, warna dan model yang berbeda-beda asal sopan.

''Hal ini sesuai Surat Kementerian Dalam Negeri No. 025/3827/SJ Tanggal 1 Oktober 2012 yang baru kami terima Senin sore sekitar pukul 17.00. Sehingga pemberitahuan ke semua PNS disampaikan lewat sms,'' kata Kepala Bagian Humas Pemerintah DIY Kuskasriati pada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (2/10).

Sehubungan dengan hal tersebut Sekda DIY menganjurkan kepada semua pimpinan di provinsi DIY dan kabupaten/kota seluruh DIY yang isinya, ''Dimohon dengan hormat kepada para pimpinan di provinsi/kabupaten/kota untuk memerintahkan pegawai di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) agar pada Selasa (2/10) memakai seragam batik dalam rangka hari Batik Nasional.''

Di samping itu sejak April 2012 semua PNS di Pemerintah DIY juga diwajibkan mengenakan Pakaian Dinas Harian Batik pada Kamis dan Jumat (untuk yang lima hari kerja) dan pada Kamis, Jumat dan Sabtu (untuk yang enam hari kerja).

Motif batik yang dikenakan oleh PNS pun bebas. ''Tetapi Pak Gubernur pernah menyarankan untuk mengenakan baju motif batik Yogyakarta. Motif batik Yogyakarta itu antara lain kawung, truntum, sekar jagad yang dasarnya putih,'' jelas Bu Kus.


0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.371 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.220 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    322 respon

Total Respon: 7.913
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft