Republika Online
Updated: Tue, 09 Oct 2012 15:03:28 GMT

Sejarah Baru DIY, Pelantikan Gubernur oleh Presiden



Sejarah Baru DIY, Pelantikan Gubernur oleh Presiden

Sejarah Baru DIY, Pelantikan Gubernur oleh Presiden

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertolak ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa siang (9/10). Agenda yang menanti kepala negara, yakni pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan KGPAA Paku Alam IX sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2012-2017.

Pelantikan ini menjadi sejarah baru bagi DIY, karena sebelumnya gubernur dan wakil gubernur DIY hanya diperpanjang. Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, mengatakan pelantikan ini baru pertama kali sejak diterapkannya UU baru tentang Keistimewaan Yogyakarta.

“Karena ini berdasarkan UU baru, maka baru pertama kali dilakukan pelantikan sejak kemerdekaan, bahkan UU ini sudah bertahun-tahun dibahas, yakni lima kali masa sidang di DPR dan baru disetujui sekarang,” katanya.

Rencananya, pelantikan akan digelar pada Rabu (10/10) pada pukul 09.00 WIB di gedung Agung Yogyakarta. Sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Calon Gubernur DIY harus bertahta sebagai Sultan Hamengku Buwono dan Calon Wakil Gubernur DIY harus bertahta sebagai Adipati Paku Alam. Pencalonannya diajukan oleh Kasultanan dan Kadipaten.

3Komentar
10 Okt, 2012 17:03
avatar

sudah seharusnya demikian, daerah yang memiliki keistimewaan dalam sejarah bangsa indonesia dan berdirinya negara ini. Keistimewaan ini memang layak diberikan kepada daerah yang mempunyai andil terhadap berdirinya negara ini. hal ini tidak mengecilkan peran serta daerah lain lho..... tetapi momen penting saat itu terjadi di daerah ini. Kita sebagai bangsa wajib menghargai rakyat yogya ynag dipinpin oleh seorang raja yang rela mengorbankan untuk keentingan yang lebih besar yaitu BANGSA INDONESIA. Semoga Rakyat Yogya semakin makmur dipimpin oleh gubernur yang tidak lain adalah rajanya sendiri.

10 Okt, 2012 19:24
avatar
Tapi kok dilantik presiden ya? Apakah justru bisa dipersepsikan makin mengecilkan posisi kesultanan Yogya? 
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.408 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.406 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    338 respon

Total Respon: 8.152
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft