Republika Online
Updated: Thu, 09 May 2013 14:25:00 GMT

Sebanyak 20 Bus TransJogja Akan Dioperasikan



REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Sebanyak 20 bus milik PT Anindra Mitra Internasional(AMI) yang lebih dari dua tahun mangkrak, akhirnya akan dioperasionalkan.

Rencananya, bus yang akan digunakan sebagai armada TransJogja tersebut akan mulai dioperasikan pekan depandi Kepatihan Yogyakarta. "Tapi harinya masih menunggu keputusan dari Pak Gubernur (Sultan Hamengku Buwono X)," kata Kepala Dishubkominfo DIY, Tjipto Haribowo, Kamis (9/5).

Tjipto mengatakan, sebelum pengoperasian bus, dipastikan proses perbaikan 20 bus sudah selesai. Demikian pula pengurusan bea balik nama, STNI dan plat kuning sudah juga selesai. ''Persyaratan fisik maupun administrasi 20 bus sebagai bus angkutan publik akan selesai Ahad (12/5)," sebutnya.

Bersamaan dengan peluncuran pengoperasian bus TransJogja juga akan dilakukan penandatangan perubahan kerjasama (PKS) antara Pemerintah DIY dengN PT Jogja Trans Tugu (JTT) selaku operator bus tersebut.

Dalam perubahan kerjasama tersebut akan dilakukan pengetatan standar pelayanan minimal (SPM) yang dilakukan PT JTT.

Dikatakan Tjipto, ada empat standar yang harus dipenuhi PT JTT, pertama, standar operasi bus; kedua, standar pramudi; ketiga, standar administrasi; keempat, standar bengkel. SPM akan ditempel di halte lengkap dengan nomor layanan konsumen. ''SPM ini menjadi acuan masyarakat untuk melakukan kritik kepada PT JTT dan Dinas Dishubkominfo DIY,'' ungkapnya.

Jika SPM tidak dipenuhi, maka akan ada sanksi yang diberikan berupa denda dari Rp 100 ribu hingga satu juta rupiah. Tjipto mencontohkan, jika menghentikan mobil tidak di halte tanpa alasan jelas, akan dikenai denda sebesar satu juta rupiah. Bila pintu tidak tertutup, mogok tiba-tiba, kursi jebol, AC tidak dingin masing-masing akan dikenai denda sebesar Rp 500 ribu.

''Denda tersebut lebih besar daripada sebelumnya yang hanya Rp 50 ribu. Dengan denda yang lebih besar diharapkan kualitas pelayanan menjadi lebih meningkat dan pihak operator akan terpacu untuk menjaga kualitas pelayanan kepada penumpang,'' tutur Tjipto mengakhiri.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.280 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.279 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    464 respon

Total Respon: 7.023
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft