Republika Online
Updated: Sun, 27 Jan 2013 16:19:48 GMT

Sampai Banjir Menggunung, Ini Perintah Jokowi



Sampai Banjir Menggunung, Ini Perintah Jokowi

Sampai Banjir Menggunung, Ini Perintah Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi meminta Dinas Kebersihan setempat segera membersihkan sampah pascabanjir di Ibu Kota.

Permintaan itu disampaikan Jokowi ketika mengecek tumpukan sampah yang menggunung di pinggir Kali Mati, Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu.

''Oleh karena itu, kami minta Dinas Kebersihan DKI secepatnya membersihkan sampah-sampah sisa banjir. Kalau tidak segera dibersihkan, akan menumpuk seperti ini,'' kata Jokowi di Penjaringan, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan pihaknya segera mengerahkan truk-truk sampah untuk membersihkan sampah-sampah itu.

''Untuk membersihkan sampah-sampah banjir, kami akan mengerahkan sekitar 50 sampai 100 truk sampah, sehingga prosesnya bisa lebih cepat,'' ujar Unu.

Unu mengungkapkan pihaknya mulai bergerak membersihkan sampah-sampah tersebut di beberapa wilayah di Ibu Kota.

''Kami sudah bergerak, dan sampai dengan saat ini sudah terkumpul sebanyak 5.000 ton kubik sampah. Jumlah ini di luar dari sampah rutin. Jadi, ini benar-benar sampah banjir,'' ungkap Unu.

Menurut Unu, sampah pascabanjir tidak mungkin dibersihkan seluruhnya hanya dalam waktu satu atau dua hari karena jumlahnya sangat banyak.

Oleh karena itu, Unu mengimbau seluruh masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, baik ketika banjir ataupun tidak, serta selalu menjaga kebersihan sehingga jumlah sampah tidak terus bertambah.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.133 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.240 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.826
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft