Republika Online
Updated: Mon, 24 Sep 2012 23:25:00 GMT

Ribuan Guru di Aceh tidak Lulus Uji Sertifikasi



REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 4.900 dari 6.700 guru yang mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Provinsi Aceh tidak lulus uji sertifikasi.

"Dari data yang kami terima, ada 4.900 guru yang mengikuti PLPG yang tidak lulus. PLPG ini merupakan salah satu syarat sertifikasi," kata Ketua Presidium Koalisi Gerakan Guru Bersatu (Kobar-GB) Aceh, Sayuthi Aulia, di Banda Aceh, Senin.

Sebelumnya, kata Sayuthi, Aceh mendapat jatah 9.000 guru mengikuti uji kompetensi awal. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.700 guru dinyatakan lulus dan mengikuti PLPG.

"Lalu, 6.700 guru tersebut menjalani PLPG di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, selema sembilan hari. Hasil PLPG mereka wajib mengikuti uji sertifikasi dan hanya yang lulus 1.800 guru," katanya.

Menurut Sayuthi, tingginya ketidaklulusan uji sertifikasi tersebut patut dipertanyakan sejauh mana keberhasilan program PLPG yang dilaksanakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

"Yang mengherankan, uji sertifikasi standar nasional dan tata cara mengajar mereka lulus. Tapi, mereka gagal di uji sertifikasi standar lokal. Ini patut dipertanyakan," katanya Sayuthi Aulia.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.000 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.349 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    748 respon

Total Respon: 8.097
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft