Republika Online
Updated: Thu, 11 Apr 2013 00:51:00 GMT

Ratusan Rumah di Sidareja Cilacap Terendam Air



Ratusan Rumah di Sidareja Cilacap Terendam Air

Ratusan Rumah di Sidareja Cilacap Terendam Air

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Ratusan rumah di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam air banjir akibat hujan lebat yang terjadi pada Selasa (9/4), pukul 20.00 sampai 00.00 WIB, dan Rabu, pukul 12.00 hingga 17.00 WIB.

"Ratusan rumah tersebut tersebar di dua desa, yakni Sidareja sebanyak 190 rumah dan Gunungreja berjumlah 138 rumah," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wasi Ariyadi, di Cilacap, Rabu (10/4) malam.

Rumah-rumah tersebut, kata dia, terendam air dengan kedalaman 20 sampai 60 sentimeter.

Ia mengatakan, hingga pukul 22.00 WIB, tercatat sebanyak 12 keluarga yang terdiri 49 jiwa mengungsi di Aula Koramil Sidareja. "Kepada para pengungsi telah diberikan bantuan berupa mi instan, air mineral, roti kering, gula pasir, dan teh," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, cuaca di wilayah Jawa Tengah khususnya bagian selatan dipengaruhi badai Victoria yang muncul di Samudera Hindia barat daya Jawa sejak Selasa (9/4), pukul 19.00 WIB.

"Badai tersebut berpengaruh terhadap cuaca sehingga berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai angin kencang dan petir," katanya.

Di beberapa tempat, kata dia, hujan lebat berpeluang terjadi dalam hitungan jam. Bahkan, lanjutnya, berdasarkan sistem peringatan dini yang terpasang di Bengbulang, Kecamatan Karangpucung, pada pukul 15.00 WIB dilaporkan terjadi hujan dengan intensitas sangat lebat sehingga berpeluang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah yang lebih rendah seperti Sidareja dan sekitarnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.629 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.080 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    395 respon

Total Respon: 6.104
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft