Republika Online
Updated: Sun, 05 May 2013 18:50:48 GMT

Puluhan Buruh Korban Perbudakan Dipulangkan ke Cianjur



Puluhan Buruh Korban Perbudakan Dipulangkan ke Cianjur

Puluhan Buruh Korban Perbudakan Dipulangkan ke Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Sebanyak 22 orang buruh korban perbudakan di pabrik kuali yang berada di Tangerang akhirnya dipulangkan ke Kabupaten Cianjur. Kepulangan puluhan buruh tersebut disambut isak tangis dari keluarga dan para kerabat terdekat.

Sebelum ke rumah masing-masing, para buruh ditampung lebih dahulu di Kantor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur, Ahad (5/5).

Salah seorang buruh yang menjadi korban perbudakan misalnya, Nuryana (20 tahun) warga Kampung Citespong, Desa Jamali, Kecamatan Mande. "Saya mendapatkan kekerasan karena sering dipukul," ujarnya.

Nuryana mengatakan selain mendapatkan kekerasan, para buruh juga diperas tenaganya dari mulai pukul 06.00 WIB pagi hingga pukul 22.00 WIB malam. Nuryana sendiri sudah selama enam bulan bekerja di pabrik kuali tersebut.

Dalam rentang waktu itu dia bersama yang lain tidak pernah diperbolehkan ke luar pabrik. Ironisnya, gaji yang seharusnya diperoleh tidak pernah dibayarkan.

Buruh lainnya, Aceng (20) warga Kampung Tegal Wareng, Desa Mulyasari, Kecamatan Mande, mengatakan dia sebenarnya sudaha meminta untuk berhenti bekerja kepada pemilik pabrik. Namun, permintaan ini tidak penah dikabulkan.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    374 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.508 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    64 respon

Total Respon: 1.946
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft