Republika Online
Updated: Thu, 23 May 2013 11:49:42 GMT

PT KAI Berlakukan Tarif Progresif KRL AC Mulai Juni 2013



PT KAI Berlakukan Tarif Progresif KRL AC Mulai Juni 2013

PT KAI Berlakukan Tarif Progresif KRL AC Mulai Juni 2013

REPUBLIKA.CO.ID, SAWAH BESAR -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan tarif progresif Kereta Rel Listrik (KRL) AC. Tarif tersebut akan berlaku mulai Juni 2013.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) Tri Handoyo mengatakan, tarif progresif sendiri dihitung berdasarkan jumlah stasiun yang dituju penumpang. PT KAI, kata dia, menetapkan tarif untuk lima stasiun pertama Rp 3.000, kemudian untuk setiap tiga stasiun berikutnya Rp 1.000. Untuk tarif tertinggi tetap mengacu pada tujuan terjauh yakni Rp 9.000.

Dia mencontohkan, penumpang yang berangkat dari Stasiun Jakarta Kota kemudian turun di Stasiun Cikini, misalnya, diharuskan membayar Rp 4.000 saja. Karena hanya melewati enam stasiun. Padahal, sebelumnya untuk rute Jakarta Kota-Cikini dikenakan tarif sebesar Rp 7.500.

"Pentarifan progresif ini sebagian besar tarifnya turun, kecuali untuk jarak terjauh," jelas dia dalam konferensi pers di gedung Jakarta Railways Center, Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).

Menurut dia, tarif progresif ini juga akan lebih adil bagi penumpang, khususnya bagi penumpang dengan tujuan jarak dekat. Saat ini, sosialisasi mengenai tarif progresif itu juga sudah dilakukan. PT KAI sudah memasang poster tarif progresif di semua stasiun.

Tri juga menyambut baik rencana pemerintah yang akan memberikan subsidi penuh bagi penumpang KRL AC sebesar Rp 4.000. "Kita sangat senang kalau ada bantuan dari pemerintah, sehingga makin banyak orang yang gunakan KRL," katanya.


0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    739 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.082 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    167 respon

Total Respon: 3.988
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft