Republika Online
Updated: Wed, 17 Apr 2013 19:16:38 GMT

PPP Tempatkan Caleg Perempuan di Nomor Urut Satu



PPP Tempatkan Caleg Perempuan di Nomor Urut Satu

PPP Tempatkan Caleg Perempuan di Nomor Urut Satu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PPP merealisasikan langkah afirmasi dalam keterwakilan caleg perempuan dengan sungguh-sungguh. Sebanyak 20 caleg perempuan untuk DPR ditempatkan pada nomor urut satu di Dapil-nya masing-masing.

"Itu di Dapil yang kursinya banyak, bukan yang kursinya sedikit," kata Ketua Bapilu PPP, Fernita Darwis, dalam diskusi di KPU, Jakarta, Rabu (17/4).

Menurut Fernita, caleg perempuan pada nomor urut satu, dapat dilihat pada Dapil DKI Jakarta 3, DKI 2, Jawa Barat 3, Jawa Barat 7, dan beberapa dapil lainnya. PPP juga menempatkan caleg incumbent di dapil yang sama dengan pemilu 2009. Sehingga, kata Fernita, tidak ada anggota DPR yang berpindah dapil. Tujuannya, agar dapil dan konsituennya tetap terbina. Dan aspirasi dari konsituen tidak terpotong-potong.

Sebagai upaya peningkatan caleg perempuan, lanjut Fernita, PPP juga menerapkan aturan bagi setiap caleg incumbent dengan nomor urut satu. Mereka diminta untuk memenuhi 30 persen caleg perempuan di dapilnya masing-masing.

Dengan sistem pembinaan caleg di setiap dapil yang sudah dimulai sejak 2011 lalu, PPP optimis akan memperoleh suara sebanyak 15 persen di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk perolehan kursi DPR, mereka menargetkan setidaknya 70 kursi bisa diraih, dengan target kursinya 15 persen."Kami real, gak gila-gilaan. Itu hasil mukernas partai kemarin," ujarnya menjelaskan..

PPP juga akan memaksimalkan perolehan suara di daerah basis PPP. Seperti Jabar, Jateng, Jatim untuk wilayah Jawa. Kemudian Sulsel, Gorontalo, NTB, Kaltim, dan Kalsel untuk Indonesia bagian tengah dan timur.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.410 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.574 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    941 respon

Total Respon: 9.925
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft