Republika Online
Updated: Sat, 09 Mar 2013 15:59:19 GMT

Polisi Tahan 50 Preman dari Kasus Hercules



Polisi Tahan 50 Preman dari Kasus Hercules

Polisi Tahan 50 Preman dari Kasus Hercules

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Raya menahan 50 orang preman yang diduga melakukan tindakan pemerasan, pengerusakan, dan kepemilikan senjata api. Salah satu preman yang ditahan tersebut adalah Hercules.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto mengatakan mulanya polisi menangkap 51 orang dari lokasi kejadian perkara. Namun, satu orang atas nama Samin dilepaskan karena tidak terbukti bersalah.

"Dari hasil pemeriksaan 50 orang terbukti melanggar hukum," ujar Rikwanto dalam jumpa pers di gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum, Jalan Gatot Subroto Jakarta, Sabtu (9/3).

Rikwanto mengatakan Hercules dan teman-temannya dijerat pasal 160, 170 dan 214 KUHP. Selain itu, lanjut dia, khusus bagi Hercules dikenakan Pasal 2 UU Darurat karena terbukti menyimpan senjata api tanpa izin.

Polisi juga sudah menyita sejumlah barang bukti di antaranya, tiga bilah parang, satu buah panah, tujuh pisau belati, satu pucuk senjata api jenis FN, satu pucuk senjata api jenis revolver, 27 butir peluru FN, satu buah ketapel, dan uang tunai Rp 5,9 juta.

Penangkapan puluhan preman tersebut berawal dari laporan masyarakat terkait adanya tindakan intimidasi sekaligus pemerasan yang dilakukan sekelompok preman di Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Menanggapi laporan itu, polisi melakukan apel di lokasi yang diduga menjadi tempat preman-preman itu beraksi. Saat polisi sedang apel, preman-preman ini melakukan tindakan yang mengarah pada perlawanan.

"Preman-preman mengganggu pelaksanaan apel dengan membunyikan kendaraan keras-keras lalu melintas sambil mengacung-acungkan senjata," jelas Rikwanto.

Tindakan para preman ini juga semakin brutal saat mereka memecahkan kaca sebuah ruko dan merusak satu unit kendaraan operasional milik polisi. Para preman ini sempat melakukan perlawanan saat polisi dari Polres Jakarta Barat hendak menangkap mereka. Namun, akhirnya polisi berhasil mengamankan para pelaku karena dibantu beberapa personel dari Polda Metro Jaya.

1Komentar
6 Apr, 2013 16:49
avatar
Mampusin aja semua..pengganggu ketenteraman masyarakat....mereka berani kepada aparat dgn harapan dapat perlindungan dr hercules...dan hercules pun tdk berdaya dgn harapan dpt perlindungan dr seseorang...tapi...rasain lo....
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.275 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.276 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    464 respon

Total Respon: 7.015
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft