Republika Online
Updated: Sat, 11 May 2013 06:50:16 GMT

Pilgub Jateng Tak Bergaung di Temanggung



Pilgub Jateng Tak Bergaung di Temanggung

Pilgub Jateng Tak Bergaung di Temanggung

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG -- Pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah (Jateng) berlangsung bersamaan dengan pemilihan bupati (Pilbup) Kabupaten Temanggung yang telah memasuki masa kampanye dari 8-22 Mei 2013 dan waktu pencoblosan yakni pada 26 Mei 2013.

Namun gaung pilgub Jateng tidak bergema di Temanggung. Sepanjang jalan-jalan di desa maupun di kota
tak banyak tampak baliho, spanduk dan poster pasangan cagub Jateng, hanya satu atau dua saja yang
terlihat dan hampir semua tertutupi dengan maraknya baliho, spanduk dan poster pasangan cabup Temanggung.

Bahkan banyak warga Temanggung tak begitu mengetahui siapa-siapa saja pasangan cagub Jateng, kebanyakan hanya mengetahui pasangan cabup Temanggung. ''Gubernur kan pak Bibit (Bibit Waluyo-red), memang mau ada pemilihan lagi,'' tanya Sutrisno (55), warga dusun Tretep, Kabupaten Temanggung, Jateng, Kamis (9/5).

Sutrisno mengaku hanya mengetahui lima pasangan pilbup Temanggung yakni pasangan Budiarto-Dedi, Fuad Hidayat-Andoyo, Bambang Sukarno-Irawan Presetyadi, Hadi Kuswanto-Tri Murdoko dan pasangan Anif Punto-Budidoyo. ''Saya tidak tahu karena tidak ada gambar-gambar calon gubernur, sing Ayep,'' tuturnya.

Ketua KPUD Temanggung, Sujatmiko mengakui pilgub Jateng kalah bergema dibandingankan pilbupTemanggung. ''Kami saja belum mengetahui secara jelas tentang jadwal kampanye bagi kandidat cagubdan cawagub Jateng,'' ungkap Sujatmiko.

Namun, lanjut Sujatmiko, pihaknya akan mengantisipasi pelaksanaan kampanye dan pencoblosan cagub Jateng di Temanggung. ''Agar gelombang massa yang terlalu besar tidak menumpuk di Kabupaten Temanggung, maka kampanye bagi pasangan cagub-cawagub, kami batasi hanya boleh dilaksanakan di dua tempat saja,'' terangnya.

Menurut Sujatmiko, semua kegiatan bagi kampanye cagub Jateng, hanya dipusatkan di Kecamatan Temanggung. Untuk kampanye rapat terbuka, pasangan cagub-cawagub hanya boleh menggunakan Lapangan Seroyo, Kelurahan Madureso, dan untuk rapat tertutup, disediakan tempat di Gedung Olah Raga Bambu Runcing, Kowangan.

Sampai saat ini, KPU Kabupaten Temanggung hanya menerima jadwal kampanye cagub dan cawagub yang dipetakan per wilayah. Bersama beberapa kota dan kabupaten lainnya, Kabupaten Temanggung termasuk dalam wilayah III.

''Dengan begitu, ketika ada pasangan calon yang dijadwalkan berkampanye di wilayah III, kami jugabelum tahu apakah mereka akan berkampanye di Kabupaten Temanggung atau daerah lainnya,'' tuturSujatmiko.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.395 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.308 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    476 respon

Total Respon: 7.179
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft