Republika Online
Updated: Fri, 01 Nov 2013 00:00:00 GMT

'Penyadapan Menista Kehormatan Bangsa dan Negara'



'Penyadapan Menista Kehormatan Bangsa dan Negara'

'Penyadapan Menista Kehormatan Bangsa dan Negara'

REPUBLIKA.CO.ID,NUSA DUA -- Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Marciano Norman menyebutkan, agar berbagai pihak tidak cepat-cepat menyimpulkan adanya penyadapan oleh AS terhadap Indonesia."Beri kesempatan kami untuk melakukan pendalaman," kata Norman di Nusa Dua, Bali, Kamis (31/10) petang.

Dikatakannya, kalau benar terjadi penyadapan, pihaknya mendorong Kementerian Luar Negeri untuk melakukan langkah-langkah diplomatik. "Ini bukan hanya merugikan, tapi menyangkut kehormatan bangsa dan negara," kata Norman.

Dalam hubungan dua negara ujarnya, ada etika-etika yang harus dijaga, termasuk tidak melakukan penyadapan.Menyadap berarti menistakan kehormatan suatu bangsa dan itu dilarang. Karena menyadap warga negara saja tidak boleh, apalagi menyadap kegiatan suatu negara.

Hanya sebut Norman, dalam kaitan dengan penyadapan oleh AS, dia meminta waktu, agar BIN diberi kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan pendalaman. Dengan demikian, masyarakat akan mendapatkan informasi yang pasti mengenai hal itu. "Jangan sampai masyarakat terombang-ambing oleh infomasi yang belum pasti," katanya.

Tentang hubungan pemerintah Indonesia dengan Kedubes AS di Jakarta, Norman mengatakan, sampai sejauh ini masih sama seperti hubungan dengan Kedubes negara lain. Karena sebutnya, pemangku kepentingan di Indonesia masih terus mendalami hal itu."Kita sudah memanggil counterpart Kedubes AS di Jakarta, untuk memberikan keterangan-keterangan," katanya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.384 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.480 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    927 respon

Total Respon: 9.791
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft