Republika Online
Updated: Fri, 12 Apr 2013 21:04:00 GMT

'Penolakan Miss World Tidak Sekadar Bikini'



'Penolakan Miss World Tidak Sekadar Bikini'

'Penolakan Miss World Tidak Sekadar Bikini'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penolakan terhadap rencana perhelatan kontes kecantikan Miss World terus berlanjut. Suara penentangan terus muncul meski ketika panitia menjanjikan kontes tersebut bebas dari pakaian minimalis bikini.

Masalah utama penolakan ini adalah perbedaan standa nilai bagaimana memandang perempuan. Ajang itu ditolak karena esensinya melombakan perempuan. Apalagi penilaian dalam kontes seperti itu sebatas kecantkan, kecerdasan atau bahkan bentuk tubuh.

Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas mengungkapkan, kontes seperti itu tidak pantas dilakukan di tengah masyarakat muslim. Kontes kecantikan apapun bentuknya yang menilai perempuan tidak layak dilakukan.

"Penolakan ini bukan soal bikini saja, tapi melombakan perempuan tidak pantas," kata Yunahar pada Republika, Jumat (12/4).

Yunahar menambahkan, keikutsertaan Indonesia dalam ajang seperti ini adalah masalah sendiri. Hal itu adalah budaya barat yang sudah masuk ke Indonesia. Padahal, tidak ada budaya Indonesia seperti itu, kata dia. Perempuan-perempuan itu tidak sadar mereka sudah masuk perangkap budaya populer barat.

"Perempuan dieksploitasi oleh mesin kapitalisme dan mereka tidak sadar," tegas Yunahar. Saat ini, bahkan perempuan hampir selalu digunakan untuk menarik minat masyarakat membeli barang yang ditawarkan. Padahal, tidak semua barang berhubungan dengan perempuan.

"Perempuan memang diciptakan menarik, tapi jangan sampai diperlakukan murahan."

1Komentar
6 Sep, 2013 06:54
avatar
Sudah lihat Miss Arab World, pak? Cantik2 lho, miss dari Saudi, Irak, Palestina, Mesir, Libya, Syria, dll.
http://sosbud.kompas​iana.com/2013/08/31/​miss-arab-world-kont​es-kecantikan-antar-​negara-negara-arab-5​85533.html
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.243 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.266 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    462 respon

Total Respon: 6.971
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft