Republika Online
Updated: Wed, 21 Nov 2012 21:47:36 GMT

Pengusaha Setuju dengan Tuntutan Buruh, Asalkan...



Pengusaha Setuju dengan Tuntutan Buruh, Asalkan...

Pengusaha Setuju dengan Tuntutan Buruh, Asalkan...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengusaha dan pemerintah harus bagi tugas mengatasi demontrasi buruh. Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Harry Warganegara Harun, mengatakan pengusaha pada dasarnya selalu berkeinginan untuk menyejahterakan pegawainya.

Namun, kata dia, semua itu dengan catatan, yaitu jika pengusaha sudah untung. “Jadi pengusaha dan karyawan sama-sama sejahtera,” ujar Harry, Rabu (21/11).

Indonesia, kata Harry, dikenal sebagai negara yang memiliki ekonomi berbiaya tinggi. Pemerintah, kata dia, harus membantu pengusaha agar untung lebih banyak agar bisa memberikan kompensasi yang lebih baik untuk pegawainya. Harry mengatakan pengusaha Indonesia terbebani dengan perizinan yang rumit, bunga bank, infrastruktur dan biaya logistik yang tinggi.

Jika pemerintah bisa membantu pengusaha mengatasi masalah tersebut, pengusaha akan semakin mudah menjalankan usahanya di dalam negeri. Akibatnya, pengusaha untung dan mampu memberikan kesejahteraan yang lebih bagi karyawan. “Saya setuju tuntutan buruh, asal pengusaha sudah untung,” ujarnya.

Ia khawatir tingginya biaya produksi di Indonesia menyebabkan pengusaha sulit untuk untung. Jika pemerintah tidak segera mengambil langkah, dengan beban usaha yang terlalu tinggi ditambah dengan tuntutan buruh, bukan tidak mungkin pengusaha akan memilih menutup pabriknya. “Makanya, antara pengusaha, buruh dan pemerintah harus bersinergi,” ujarnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.301 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    971 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    367 respon

Total Respon: 5.639
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft