Republika Online
Updated: Thu, 23 May 2013 21:43:13 GMT

Pemerintah Siapkan Kartu Perlindungan Sosial



Pemerintah Siapkan Kartu Perlindungan Sosial

Pemerintah Siapkan Kartu Perlindungan Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Pemerintah mempersiapkan kartu perlindungan sosial yang akan digunakan untuk mencairkan empat program perlindungan sosial jika harga BBM jadi dinaikan. Empat program tersebut meliputi beras miskin (raskin), beasiswa siswa miskin (BSM), program keluarga harapan (PKH), dan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Menko Kesra, Agung Laksono, mengatakan pembuatan kasus tersebut sedang diproses. Diharapkan ketika menjelang waktunya kebijakan soal BBM, kartu tersebut pun siap digunakan.

“Sekarang kita persiapkan termasuk persiapan mengenai kartu, bukan hanya kartunya tapi juga sistemnya yang ada dan diuji coba,” katanya, Kamis (23/5). Ia mengatakan kartu tersebut diutamakan untuk program raskin. Sebab, program regular pemberian raskin kepada masyarakat sudah berjalan. Sehingga penerapan kartu untuk raskin dianggap lebih bisa cepat terealisasi.

Namun, Agung mengharapakan agar kartu tersebut nantinya bisa digunakan untuk program lainnya. Dengan begitu, dengan satu kartu bisa digunakan untuk kepentingan lain. Selain itu, dana yang diberikan benar-benar bisa tepat sasaran.

Dari pengalaman terdahulu, pemberian dana kepada masyarakat menggunakan kupon. Sayangnya, kupon tersebut juga sering disalahgunakan bahkan dijual oleh si pemilik. “Ini berbeda dengan system kupon yang bisa dijual. Ini harus orang yang bersangkutan yang mengambil bantuan,” katanya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.520 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.047 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 5.955
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft