Republika Online
Updated: Fri, 16 Aug 2013 22:38:06 GMT

Meriahkan HUT RI, BRI Gelar Pentas Seni



Meriahkan HUT RI, BRI Gelar Pentas Seni

Meriahkan HUT RI, BRI Gelar Pentas Seni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 akan berlangsung Sabtu (17/8) besok.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk akan ikut emeriahkan HUT RI dengan Pemerintah Kota Pekalongan dan Istana Presiden RI menggelar pentas seni pentas seni dan olahraga.

Sekretaris Perusahaan Muhamad Ali mengatakan BRI akan menggelar Pementasan Tari Batik Pekalongan. Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan acara penurunan Bendera Pusaka pada 17 Agustus 2013 di depan Istana Merdeka.

"Kota ini kan dikenal sebagai Kota Batik dengan sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya sebagai pengrajin Batik, sehingga seni budaya di Kota Pekalongan cukup banyak yang dipengaruhi dari kegiatan membatik, termasuk tari Batik," kata Ali dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (16/8).

Tema tarian yang diusung mencerminkan kehidupan pembatik di Kota Pekalongan. Tarian akan dibawakan secara kolosal, melibatkan 240, di hadapan Kepala Negara dan tamu-tamu dari negara sahabat.

Batik di Indonesia secara resmi telah diakui UNESCO sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009, sekaligus merupakan pengakuan internasional terhadap salah satu mata budaya Indonesia.

Pengakuan internasional ini diharapkan dapat memotivasi dan mengangkat harkat para pengrajin batik dan mendukung usaha meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ali mengatakan pagelaran ini bertujuan sebagai salah satu bentuk dukungan kepada Kota Pekalongan untuk menjadi Kota Batik Dunia, serta meningkatkan kesadaran serta dan budaya kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Selain gelaran kesenian itu, BRI bekerja sama dengan Istana Presiden RI menggelar acara Independence Day Run 'Semangat 17/08' untuk Merah Putih, Ahad (25/8).

Acara yang akan mengambil start tepat di depan Istana Merdeka ini rencananya akan diikuti 45 ribu dari berbagai kalangan. Rute lomba dibagi menjadi 2, 17K dan 8K, yang menggambarkan tanggal dan bulan Hari Kemerdekaan RI.

Untuk 17K, para peserta akan melintasi Pintu Istana Merdeka menuju Patung Pemuda Membangun, sementara rute 8K, akan melintasi Pintu Istana Merdeka menuju patung Jenderal Sudirman.

"Bagi masyarakat yang berminat mengikuti lomba lari ini, dapat melakukan registrasi melalui website korporat BRI di www.bri.co.id, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 5 Agustus 2013 lalu hingga 21 Agustus 2013," tutup Ali.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.180 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.250 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    454 respon

Total Respon: 6.884
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft