Republika Online
Updated: Fri, 11 Oct 2013 07:18:58 GMT

Mendagri Akan Tetap Lantik Bupati Gunung Mas



Mendagri Akan Tetap Lantik Bupati Gunung Mas

Mendagri Akan Tetap Lantik Bupati Gunung Mas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar dan Bupati Gunung Mas, Hambit Bintih. Meski Hambit Bintih sudah ditetapkan sebagai tersangka, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi bakal tetap melantiknya.

"Surat Keputusan Hambit Bintih sebagai bupati Gunung Mas tetap akan diproses oleh Kemendagri," kata Kepala Biro Hukum Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh dalam pernyataan yang diterima ROL, Jumat (11/10).

Dikatakannya, putusan MK yang menguatkan Hambit Bintih sebagai pemenang pemilukada Gunung Mas, maka hak konstitusionalnya tetap dihormati. Untuk itu, pihaknya melanjutkan pada proses pengesahan sebagai bupati dan wakil bupati.

Zudan berkata, terkait masalah hukum pidana yang sekarang sedang menimpa Hambit, sifatnya merupakan tanggung jawab individu. Sehingga, harus dipisahkan dengan proses hukum administrasi untuk mengesahkannya sebagai bupati.

Menurut Zudan, bila Hambit Bintih sudah menjadi terdakwa dan keluar register perkara, maka Mendagri Gamawan Fauzi akan memberhentikannya. "Wakilnya ditetapkan sebagai pelaksana tugas harian kepala daerah sampai ada putusan yang berkekuatan hukum tetap."

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.094 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.628 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    787 respon

Total Respon: 8.509
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft