Republika Online
Updated: Fri, 06 Sep 2013 19:43:07 GMT

Megawati: Ada Getaran Bung Karno Pada Sosok Jokowi



Megawati: Ada Getaran Bung Karno Pada Sosok Jokowi

Megawati: Ada Getaran Bung Karno Pada Sosok Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri memberikan kehormatan kepada kadernya Joko Widodo untuk membacakan naskah pidato "Dedication of Life" karya Bung Karno.

Megawati mengatakan, pilihannya kepada Jokowi sebagai simbol regenerasi kepemimpinan tengah berlangsung di PDI Perjuangan.

"Kenapa 'Dedication of Life' yang baca Jokowi? Karena itu sebuah makna regenerasi secara alami pasti berlanjut," kata Megawati di hadapan ribuan peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-III PDI Perjuangan, Gedung Ecovention Ecopark Ancol, Jum'at (6/9).

Tidak dijelaskan secara rinci apakah proses regenerasi yang dimaksud Megawati menyangkut regenerasi kepemimpinan di level partai atau level nasional.

Dia hanya mengatakan regenerasi kepemimpinan tidak hanya disiapkan PDI Perjuangan kepada Jokowi, melainkan juga kepada kader-kader PDI Perjuangan lain. "Gubernur-gubernur (lain) yang kita usung juga bagian dari regenerasi alami," ujarnya.

Menurut Megawati, dia merasakan getaran Soekarno dalam diri Jokowi ketika sedang membacakan "Dedication of Life". Namun begitu dia memberi isyarat bukan hanya Jokowi kader yang disiapkan PDI Perjuangan dalam prosen regenerasi tapi juga kader PDI Perjuangan lain seperti Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Cornellis (Gubernur Kalimatan Barat). "Ini baru getarannya lho," ujar Megawati.

Megawati mengatakan "Dedication of Life" mengandung makna pengabdian diri seseorang terhadap bangsa dan negaranya tanpa rasa pamrih.

Lewat "Dedication of Life" Bung Karno hendak menyampaikan sikap dirinya terhadap bangsa dan negara. "Yang mengikuti rakernas ini harus menyadari, apa yang dikatakan Bung Karno tidak ada keinginan menjadi presiden," kata Megawati.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    798 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.400 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.374
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft