Republika Online
Updated: Mon, 26 Nov 2012 02:00:00 GMT

Mahfud MD: Orang Indonesia Jangan Merasa Inferior



Mahfud MD: Orang Indonesia Jangan Merasa Inferior

Mahfud MD: Orang Indonesia Jangan Merasa Inferior

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Mahkamah Konstitusi Moh Mahfud MD meminta masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri tidak merasa inferior, namun sebaliknya harus bangga menjadi warga negara Indonesia dan tetap memperlihatkan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

"Kita kalau di luar negeri kerap merasa inferior, padahal Indonesia adalah bangsa besar dengan modal dasar yang dimiliki saat ini untuk maju dan bersaing dengan bangsa-bangsa besar lain di dunia," kata Mahfud saat menjadi pembicara dalam diskusi dan ramah tamah dengan masyarakat Indonesia di Canberra, Australia, Ahad (25/11).

Menurut Mahfud, seperti dikutip dalam surat elektronik yang diterima Ahad (25/11) malam, bila terjadi letupan di sebagian kecil wilayah, itu tidak menggambarkan kondisi Indonesia secara keseluruhan.

Sementara praktik korupsi dan pelanggaran hukum yang terjadi saat ini, menurut dia, lebih karena ulah para elit politik serta tidak optimalnya pengelolaan pemerintahan saat ini.

"Kita punya modal ideologi yang kuat yakni Pancasila, yang telah terbukti ketangguhannya dalam beberapa dekade kehidupan berbangsa kita," kata Mahfud.

Indonesia, tambah Mahfud, juga memiliki modal ekonomi yang kuat dengan petumbuhan ekonomi yang cukup tinggi saat ini, serta memiliki modal sosial dan toleransi yang tinggi pula.

Mahfud berada di Australia untuk memenuhi undangan menyampaikan orasi ilmiah tentang Demokrasi dan Pluralisme di Australian National University (ANU), Canberra pada Senin (26/11).

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.129 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.240 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    452 respon

Total Respon: 6.821
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft