Republika Online
Updated: Thu, 09 May 2013 23:17:29 GMT

Mahasiswa UNY 'Sulap' Kemangi Jadi Keripik Bergizi



Mahasiswa UNY 'Sulap' Kemangi Jadi Keripik Bergizi

Mahasiswa UNY 'Sulap' Kemangi Jadi Keripik Bergizi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Program Diploma Tiga Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam Lucky Company memanfaatkan dan mengolah daun kemangi menjadi keripik bergizi.

"Daun kemangi memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita, seperti vitamin C, A, B, beta karoten, kalsium, fosfor magnesium, protein, lemak, karbohidrat, besi, flavonoid, arginin, boron, dan anetol," kata koordinator Lucky Company Nujumun Niswahyuning di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, dengan kandungan tersebut, jika dikonsumsi, khasiat daun kemangi akan didapatkan terutama untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

"Kemangi merupakan tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak, berbau wangi seperti cengkeh, dan rasanya agak pahit," katanya.

Ia mengatakan, bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik kemangi adalah kemangi segar, tepung tapioka, tepung beras, minyak goreng, telur, garam, dan bawang putih.

"Kami membuat keripik kemangi selain bergizi juga unik dan lebih menarik dengan harga terjangkau. Tujuan kami membuat keripik kemangi adalah melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan makanan ringan pada saat santai, piknik atau acara keluarga," katanya.

Menurut dia, selama ini kemangi biasa dimakan sebagai lalapan. Aroma daunnya khas dan kuat tetapi lembut dengan sentuhan aroma limau.

"Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya," katanya.

Anggota Lucky Company antara lain Rudi Irawan, Tri Aditya Nugroho, Rohmad Sutardi, Hilma Delila, Renidia Dewanti, Taufiqqurrahman, Dwi Aryani Muslimah, Endah Prayogi, Niswatun Umul, Siti Sulistiawati, Catur Septiana, Dian Arum Sari, Erawati Dwi Martini, Brian Giart, Istiqomah, dan Erlinda Siagian.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.430 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.517 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    343 respon

Total Respon: 8.290
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft