Republika Online
Updated: Tue, 14 May 2013 05:56:33 GMT

Longsor di Majalengka, Dua Warga Hilang Tertimbun



Longsor di Majalengka, Dua Warga Hilang Tertimbun

Longsor di Majalengka, Dua Warga Hilang Tertimbun

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA – Bencana alam kembali melanda wilayah Kabupaten Majalengka. Kali ini, bencana berupa tanah longsor di Blok Gorolong, Desa Sindangpala, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Senin (13/5) sekitar pukul 09.20 WIB.

Akibat bencana tersebut, dua orang warga setempat hilang tertimbun tanah. Mereka adalah Ending (68) dan Enik (79). Kedua korban adalah petani yang sedang bekerja di areal persawahan di bukit yang longsor tersebut.

Kepala Urusan (Kaur) Kesra Desa Sindangpala, Husen, menjelaskan, peistiwa itu terjadi saat kedua korban bersama tiga orang petani lainnya sedang bekerja menggarap sawah di bawah bukit tersebut.

Saat sedang bekerja, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari atas bukit yang tingginya kurang lebih 200 meter. ‘’Katanya suara gemuruhnya sangat keras dan menggelegar,’’ tutur Husen.

Mendengar suara gemuruh tersebut, ketiga petani langsung berupaya lari menjauh dari areal persawahan untuk menyelamatkan diri. Namun, kedua petani lainnya terlambat menyadari hal itu. Kedua petani tersebut akhirnya tertimbun.

Kedua petani tersebut belum berhasil ditemukan. Upaya pencarian pun masih terus dilakukan. Namun, medan yang berat mempersulit upaya pencarian kedua korban.

Husen menambahkan, saat longsor terjadi, kondisi cuaca sebenarnya sedang tidak hujan. Dia mengatakan, hujan deras terjadi pada Ahad (12/5), sejak Dzuhur sampai Ashar. ‘’Mungkin hujan kemarin itulah yang memicu bukit tersebut menjadi longsor,’’ kata Husen.

Kondisi hujan tersebut, tambah Husen, diperparah dengan adanya aliran kecil berbentuk sungai walungan di atas bukit. Dia menduga, aliran walungan itu juga memicu terjadinya longsor.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Majalengka, Robert, saat dikonfirmasi, menerangkan, proses pencarian terhadp kedua korban masih terus dilakukan. Upaya pencarian melibatkan aparat keamanan, relawan, maupun masyarakat.

Namun, lanjut Robert, pencarian tidak bisa menggunakan alat-alat berat karena medan yang sulit. Dia menyatakan, upaya pencarian saat ini hanya dilakukan secara manual. Di antaranya dengan menggunakan kayu dan cangkul.

‘’(Karena alat berat tidak bisa digunakan) jadi kemungkinan upaya pencarian akan menggunakan anjing pelacak,’’ tutur Robert.

Seperti diberitakan, selain tanah longsor tersebut, wilayah Kabupaten Majalengka juga sebelumnya dilanda bencana pergerakan tanah.

Peristiwa tersebut terjadi di Dusun Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, sejak pertengahan April hingga saat ini.

Akibat peristiwa tersebut, jalan yang menghubungkan Dusun Cigintung dengan Desa Cimuncang retak-retak dan amblas sedalam kurang lebih sepuluh meter. Gedung Sekolah Dasar (SD), sarana keagamaan, serta balai Dusun Cigintung hancur terseret longsor.

Selain itu, bencana tersebut juga merusak lahan tanaman padi yang sudah siap panen. Akibatnya, petani harus menanggung kerugian yang besar.

Tak hanya itu, ratusan rumah warga lainnya juga mengalami retak-retak dan tidak bisa lagi untuk ditinggali. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang amruk. Karenanya, sekitar 1.950 jiwa di dusun tersebut terpaksa harus mengungsi.

Pemkab Majalengka mengupayakan relokasi bagi warga Dusun Cigintung. Selain itu, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan juga memberikan bantuan dana stimulans untuk membangun rumah warga yang menjadi korban bencana tersebut.

Tak hanya Desa Cimuncang, pergerakan tanah kini meluas hingga ke Desa Lebakwangi, Kecamatan Malausma. Beberapa kepala keluarga di desa sudah mengungsi akibat bencana tersebut.


0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.415 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.456 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    343 respon

Total Respon: 8.214
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft