Republika Online
Updated: Thu, 18 Apr 2013 22:04:44 GMT

Kurang Anggaran, Bawaslu Khawatir Pengawasan Tak Maksimal



Kurang Anggaran, Bawaslu Khawatir Pengawasan Tak Maksimal

Kurang Anggaran, Bawaslu Khawatir Pengawasan Tak Maksimal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) khawatir pengawasan pelaksanaan tahapan pemilu pada tahun 2013 tidak akan berjalan dengan maksimal. Ini karena keterbatasan dana untuk pengawasan pemilu.

Komisioner Bawaslu, Nasrullah mengatakan, anggaran di Bawaslu tidak cukup untuk menjalankan pengawasan selama 12 bulan pada 2013. Terutama untuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascab). Dana Bawaslu hanya mencukupi hingga Juli 2013 yang berkisar pada angka Rp 700 miliar. Untuk kebutuhan PPL dan Panwascam hingga akhir anggaran 2013, setidaknya dibutuhkan dana hingga Rp 1 triliun.

"Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) sama sekali zero, kalau Panwascam sampai Juli. Tidak akan mungkin dapat tercapai pengawasan yang maksimal untuk 2013 di tingkat kecamatan," kata Nasrullah saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (18/4).

Bawaslu, kata Nasrullah, akan mengakalinya dengan meminta bantuan dari masyarakat. Agar meningkatkan partisipasinya dan bersama-sama menjadi mitra Bawaslu dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu. Tak hanya masyarakat, Bawaslu juga akan mengajak ormas-ormas serta media massa untuk berperan aktif bersama Bawaslu untuk menjalankan fungsi pengawasan.

"Syukur-syukur kami juga bisa menggunakan perguruan tinggi, bahkan ada rencana kami rekrut relawan-relawan yang modalnya gratis. Apa boleh buat karena kami gak punya apa-apa," ungkap Nasrullah.

Penambahan anggaran, menurut dia, tergantung pada pemerintah serta bagaimana Komisi II DPR dalam menyikapi persoalan tersebut. Agar proses pemilu ditanggapi berimbang, tidak hanya memperhatikan wilayah teknis semata.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    752 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.148 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    170 respon

Total Respon: 4.070
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft