Republika Online
Updated: Thu, 13 Dec 2012 14:39:32 GMT

Kompetisi Matematika Boleh Pakai Kalkulator



Kompetisi Matematika Boleh Pakai Kalkulator

Kompetisi Matematika Boleh Pakai Kalkulator

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memperbolehkan penggunaan kalkulator pada Kompetisi Matematika (KOMAT) se DKI Jakarta. Hal ini diberlakukan pada KOMAT ke 27 yang diselenggarakan Disdik DKI Jakarta pada November lalu.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP-SMA Disdik DKI Jakarta Budiyanto mengatakan penggunaan kalkulator dikarenakan adanya peningkatan bobot soal yang lebih sulit dari sebelumnya.

"Boleh pakai kalkukator dengan harapan kemampuan analisis matematika peserta dan kemampuan memecahkan masalah aktual dengan perhitungan matematika para peserta semakin meningkat," ujar Budiyanto pada konferensi pers penutupan KOMAT ke-27 Kamis (13/12).

Kalkulator yang digunakan peserta pun bukan kalkulator biasa. Akan tetapi, menggunakan kalkulator scientific. Pasalnya, soal-soal di KOMAT menuntut kemampuan analisis dengan variabel. "Kalkulator yang dipakai kalkulator scinetific desain edu series ES 570."jelasnya.

Budiyanto menjelaskan KOMAT bertujuan untuk melatih sense of competition para siswa. Ia berharap dengan adanya kompetisi matematika seperti ini berdampak positif terhadap hasil nilai UN Matematika para siswa.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.243 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.266 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    462 respon

Total Respon: 6.971
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft