Republika Online
Updated: Fri, 22 Feb 2013 18:09:36 GMT

Kejaksaan Evaluasi Vonis Bebas Hotasi Nababan



Kejaksaan Evaluasi Vonis Bebas Hotasi Nababan

Kejaksaan Evaluasi Vonis Bebas Hotasi Nababan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kejaksaan Agung berjanji akan mengevaluasi putusan bebas mantan Dirut PT Merpati Nusantara Airlines Hotasi Nababan oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.
"Karena itu akan kita evaluasi. Nanti kita minta laporan," kata Wakil Jaksa Agung Darmono di Jakarta, Jumat.

Saat ditanya bebasnya Hotasi itu akibat dakwaan yang lemah, ia menyatakan hal itu kemungkinan bisa terjadi apakah karena perbedaan tafsir antara kejaksaan dan hakim "Atau ada titik-titik lemahnya dimana, karena itu akan kita evaluasi," katanya.

Dikatakan, evaluasi itu juga guna mengetahui apakah putusan itu bukan putusan bebas tapi putusan lepas dari tuntutan hukum. Ia menambahkan pihaknya kalau sudah menerima putusannya, maka akan dilakukan upaya hukum.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung membantah lemahnya dakwaan terhadap mantan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) Hotasi Nababan terkait tindak pidana korupsi penyewaan pesawat Boeing 737-400 dan Boeing 737-500 hingga divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

"Sepanjang jaksa sudah melimpahkan ke pengadilan, itu kita pasti ada keyakinan cukup alat bukti," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Andhi Nirwanto di Jakarta, Jumat.

Ia menyatakan pihaknya menghormati adanya perbedaan pendapat dengan majelis hakim dalam persidangan Hotasi Nababan itu.

Dikatakan, di dalam putusan itu juga tidak bulat karena ada hakim yang "dissenting opinion", artinya hakim pun beda pendapat ada yang sepakat dengan kejaksaan bahkan ada yang tidak sepakat. "Itu hal yang biasa," katanya.

Ia menambahkan putusan itu juga belum memiliki kekuatan hukum tetap. Yang jelas, kata dia, pihaknya masih bersikap pikir-pikir untuk melakukan upaya hukum berikutnya apakah kasasi atau bagaimana. "Masa pikir-pikir itu kan ada waktunya," katanya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    739 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.080 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    167 respon

Total Respon: 3.986
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft