Republika Online
Updated: Sun, 27 Jan 2013 15:24:56 GMT

Kasus Raffi Ahmad, Parpol Diminta Pertimbangkan Rekrut Artis



Kasus Raffi Ahmad, Parpol Diminta Pertimbangkan Rekrut Artis

Kasus Raffi Ahmad, Parpol Diminta Pertimbangkan Rekrut Artis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penangkapan presenter Raffi Ahmad oleh BNN karena diduga terlibat pesta narkoba, disayangkan banyak pihak. Padahal, Raffi dengan di puncak karier, bahkan Raffi diusung menjadi caleg.

Peneliti politik senior dari LIPI, Siti Zuhro menilai kasus yang menimpa presenter 25 tahun itu, bisa dijadikan kajian bagi partai politik, agar mempertimbangkan kembali merekrut artis populer sebagai caleg.

"Rekrutmen para artis harusnya hanya sebagai 'vote getters' saja. Tidak harus menjadi caleg," kata Siti saat dihubungi ROL, Ahad (27/1).

Sebab, menurut Siti, menjadi caleg tidak hanya cukup dengan bekal popularitas semata. Caleg, lanjut Siti, merupakan calon pemimpin yang tidak hanya sekedar duduk di kursi parlemen. Tetapi ia akan menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

Anggota legislatif menurut Siti juga kelak akan menjadi pemimpin bangsa dan menduduki jabatan-jabatan strategis di berbagai institusi pemerintah.

Langkah parpol menggaet artis sebagai caleg, menurut Siti tidak sepenuhnya salah. Tetapi mengingat besarnya tanggungjawab dan beban menjadi wakil rakyat, kualitas menjadi syarat utama yang tidak bisa ditawar.

Kualitas lahir dari latar belakang pendidikan, sosial, dan kemasyarakatan yang bisa diukur dan dipertanggungjawabkan. Sehingga, jika artis dengan latar belakang yang belum mumpuni diusung menjadi caleg, tentu diragukan bisa mengemban tanggungjawab yang akan ditimpakan kepadanya.

"Rekrutmen caleg harus lebih rigid lagi. Tidak ada yang salah dengan artis, tapi masyarakat butuh calon pemimpin yang berkualitas," sebutnya.

Badan Narkotika Nasional (BNN) mengamankan presenter 25 tahun itu, Ahad (27/1) dini hari. Selain Raffi, BNN juga mencokok tiga artis terkenal lainnya, berinisial LM, ZS, Ir. Namun, hingga kini belum ada keterangan dari pihak BNN.

Sebelumnya beberapa parpol yang ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2014 telah mengumumkan akan mengusung caleg dari kalangan artis. Raffi digadangkan akan diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain PAN, beberapa parpol lain juga telah menyatakan kursi caleg akan diisi oleh artis ternama Indonesia. Seperti PDI Perjuangan yang mengusung Nico Siahaan dan Edo Kondologit.

Kemudian Happy Salma dan Irwansyah yang akan diusung Partai Gerindra. Renny Jayusman dan Krisdayanti yang direkrut sebagai caleg dari Partai Hanura.

1Komentar
27 Jan, 2013 17:27
avatar
Pesta ini sambil merayakan dan menyalonkan Raffi Ahmad menjadi caleg nya Pan atas rekomendasi Wanda Hamidah.....
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    758 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.158 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    171 respon

Total Respon: 4.087
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft