Republika Online
Updated: Thu, 30 May 2013 18:07:30 GMT

Kartu Perlindungan Sosial Dibagikan Awal Juni



Kartu Perlindungan Sosial Dibagikan Awal Juni

Kartu Perlindungan Sosial Dibagikan Awal Juni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kartu perlindungan sosial akan dibagikan pada 6 Juni mendatang. Kartu tersebut menjadi sarana bagi masyarakat yang akan menerima kompensasi dari pemerintah dari kenaikan harga BBM.

Sedikitnya, 15,5 juta kepala keluarga akan menerima kartu tersebut. PT Pos Indonesia bertugas mengirimkan kartu tersebut secara langsung. Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Bambang Widianto, mengatakan kartu berbentuk kartu kredit itu merekam semua data penerima bantuan.

“Penerima kartu ini akan mendapatkan bantuan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Beras untuk Rakyat Miskin (Raskin) dan Program Keluarga Harapan (PKH),” katanya, Kamis (30/5). Ada beberapa perubahan yang terjadi untuk program perlindungan sosial dari pemerintah. Misalnya, untuk Raskin, pemerintah menaikannya dari 12 kali per tahun menjadi 15 kali.

Begitu pula dengan BSM yang mengalami kenaikan. Jika pada awalnya hanya diperuntukan bagi 8 juta siswa, dinaikan menjadi 18 juta siswa di sekolah negeri dan madrasah. Untuk PKH, satuan biayanya akan dinaikkan dari Rp 1,4 juta per keluarga menjadi Rp 1,8 juta per keluarga. Sedangkan BLSM untuk sasaran 15 juta rumah tangga akan menerima Rp 150 ribu per bulan.

“BLSM akan diberikan untuk lima bulan dengan periode pembayaran dua kali; yang pertama per dua bulan sekali dan terakhir per tiga bulan sekali,” katanya. Dalam tugas tersebut, Menko Kesra akan berperan untuk keseluruhan pembagian dana kompensasi. Namun, untuk program seperti BSM, Mendikbud yang nantinya mengatur dan membagi lewat setiap sekolah.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.974 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.279 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    740 respon

Total Respon: 7.993
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft