Republika Online
Updated: Sat, 08 Mar 2014 12:48:54 GMT

Ini Detik-Detik Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines



Ini Detik-Detik Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines

Ini Detik-Detik Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR-- Pesawat Malaysia Airlines yang membawa 227 penumpang dan 12 kru, kehilangan kontak dengan pengawas lalu lintas udara, Sabtu (8/3) dini hari.

Maskpai menyatakan dalam sebuah pernyatan, pesawat kemungkinan hilang di wilayah udara Vietnam.Dilansir dari kantor berita Reuters, pesawat dengan nomor penerbangan MH370 membawa penumpang dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Pesawat meninggalkan Kuala Lumpur pada Sabtu sekitar pukul 00.21 dan diperkirakan akan tiba di Beijing sekitar pukul 06.30 waktu setempat, di hari yang sama.

Chief Executive Malaysia Airlines Ahmad Jauhari Yahya dalam sebuah pernyataan menyatakan penyeselannya. Menurut Ahmad Malaysia Airlines sangat menyesal telah kehilangan semua kontak dengan penerbangan MH370." Malaysia Airlines saat ini bekerja dengan pihak berwenang yang telah mengaktifkan tim pencarian dan penyelamatan untuk menemukan pesawat," katanya.

Sementara itu, seorang pejabat Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam (CAAV) mengatakan, pesawat gagal untuk check in sesuai jadwal. "Kode pesawat tidak muncul dalam sistem kami, " ujar manajer kontrol departemen penerbangan CAAV Bui Van Vo, kepada Reuters melalui telepon.

Kantor berita resmi Cina Xinhua mengutip pernyataan Administrasi Penerbangan Sipil Cina (CAAC) mengatakan, pesawat Malaysia Airlines kehilangan kontak saat terbang di wilayah udara Vietnam. Pesawat berjenis Boeing B777-200 tersebut, mengangkut sekitar 158 warga Cina.

Regulator penerbangan Cina mengatakan, mereka belum menerima sinyal apapun dari pesawat. Belum juga ada laporan, kemungkinan pesawat menabrak di perairan Cina.Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mengatakan pada wartawan kekhawatirannya.
"Kami melakukan semua yang bisa kami lakukan untuk mendapat rinciannya. Berita ini sangat mengganggu, kami berharap semua penumpang di dalam pesawat aman," ujarnya.

Jika pesawat tersebut terbukti jatuh, ini akan menjadi kecelakaan fatal kedua yang melibatkan Boeing 777 dalam waktu kurang dari setahun. Musim panas lalu, pesawat Boeing 777 milik maskapai ASiana Airlines juga mengalami kecelakaan di San Fransisco.

Peristiwa tersebut menewaskan tiga penumpang.Pihak Boeing mengatakan, mereka telah mendapat laporan terkait pesawat Malaysia Airlines yang hilang. Kini mereka tengah memantau situasi, tapi tak bersedia memberikan komentar lebih lanjut.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    814 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.489 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    181 respon

Total Respon: 4.484
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft