Republika Online
Updated: Tue, 21 May 2013 23:55:39 GMT

ICW: Pendanaan Partai Demokrat Paling Tertutup



ICW: Pendanaan Partai Demokrat Paling Tertutup

ICW: Pendanaan Partai Demokrat Paling Tertutup

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Indonesia Corruption Watch (ICW) menyatakan, dari sembilan partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2009, Partai Demokrat paling tidak transparan dalam mengungkap pendanaan partai.

Partai Demokrat bahkan tidak menyerahkan laporan pendanaannya meski telah kalah dalam sidang ajudikasi di Komisi Informasi Pusat (KIP).

Peneliti Hukum pada Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Donal Fariz, mengatakan hanya PKS, PPP, PKB, PAN, PDIP dan Golkar yang berkomitmen memberikan laporan keuangannya.

Laporan diberikan setelah ICW melakukan gugatan kepada sembilan parpol tersebut melalui Komisi Informasi Pusat (KIP). Karena sesuai UU KeterbukaanBInformasi Publik nomor 14 tahun 2008 parpol wajib memberikan informasi termasuk pendanaan.

"Untuk kongres saja mereka (Demokrat) keluarkan sampai Rp 30 miliar. Dana dari APBN untuk parpol tidak akan pernah mampu menutupi biaya partai yang jumlahnya sangat luar biasa itu," kata Donal dalam diskusi di kantor ICW, Jakarta, Selasa (21/5).

Setelah memasuki tahap mediasi PKS dan PKB memberikan semua laporan keuangannya termasuk pemasukan anggaran yang bersumber dari APBN dan APBD, serta pihak ketiga.

Sedangkan, PDI Perjuangan dan Golkar hanya memberikan laporan dana keuangan dari APBN saja. Sementara Partai dan Gerindra meminta waktu lima bulan untuk melakukan audit anggaran internal terlebih dahulu.

Tiga partai yang terdiri dari Demokrat, PAN dan PPP dinyatakan kalah dan harus mengikuti sidang ajudikasi."Tapi sampai dengan hari ini hanya Demokrat yang tidak memberikan informasi keuangannya. Ini memberi catatan serius dan menjadi kecurigaan publik," jelas Donal.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.739 respon
  2. 66 %
    Tidak
    4.592 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    653 respon

Total Respon: 6.984
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft