Republika Online
Updated: Tue, 19 Feb 2013 05:22:41 GMT

Hati-Hati, Ini Dia Kondisi Cuaca Hingga Dua Pekan



Hati-Hati, Ini Dia Kondisi Cuaca Hingga Dua Pekan

Hati-Hati, Ini Dia Kondisi Cuaca Hingga Dua Pekan

REPUBLIKA.CO.ID, Fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) akan mempengaruhi curah hujan yang terjadi di wilayah Indonesia dalam dua pekan ke depan. Fenomena MJO yakni, adanya pembentukan gugus awan yang akan mengakibatkan curah hujan cukup lebat. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk waspadainya, terutama dalam dua pekan ke depan.

Peneliti Meteorologi Tropis Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT), Tri Handoko Seto mengatakan, osilasi tersebut ditandai oleh terbentuknya gugus awan atau super cloud cluster (SSC) di Samudera Indonesia sebelah barat pulau Sumatera. Pergerakan gugus awan ini nantinya akan mengarah ke timur mengelilingi bumi dengan periode satu kali putaran sekitar 45 hari.

"Gugus awan itu sudah terbentuk sejak tanggal 12 Februari 2013 di Samudera Indonesia dan bergerak ke timur. Saat ini, gugus awan itu sudah memasuki wilayah Indonesia," ujar Tri Handoko seperti dikutip beritajakarta.com.

Keadaan demikian, kata Tri Handoko, akan mengakibatkan curah hujan yang tinggi di wilayah Indonesia hingga dua pekan ke depan. Bahkan, MJO yang aktif pada musim hujan seperti sekarang ini, akan mengakibatkan curah hujan yang sudah tinggi akan meningkat lagi. Oleh karena itu, perlu kewaspadaan tinggi terutama di daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor.

Tri juga mengikutsertakan citra gugus awan yang ditandai dengan warna biru. "Daerah-daerah rawan banjir dan longsor patut diwaspadai. Masyarakat dan pemerintah harus siaga dengan keadaan demikian," tandanya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.392 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.308 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    331 respon

Total Respon: 8.031
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft