Republika Online
Updated: Fri, 21 Mar 2014 07:17:06 GMT

Hari Ini, Jokowi Lantik 180 Kepsek Hasil Lelang Jabatan



Hari Ini, Jokowi Lantik 180 Kepsek Hasil Lelang Jabatan

Hari Ini, Jokowi Lantik 180 Kepsek Hasil Lelang Jabatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini akan melantik 180 kepala sekolah SMA dan SMK yang telah lulus seleksi terbuka lelang jabatan. Acara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan akan digelar di halaman Balai Kota DKI Jakarta pukul 09.00 WIB pagi ini, Jumat (21/3).

Ini merupakan pertama kalinya gubernur akan melantik kepala sekolah secara massal. Sebelumnya, kepala sekolah dilantik oleh suku dinas pendidikan di masing-masing wilayah.

Jokowi mengatakan, dari 117 kepala sekolah tingkat SMA yang lulus seleksi, hanya 41 orang di antaranya yang merupakan kepala sekolah definitif. Ini menunjukkan bahwa peserta sudah terseleksi dengan baik. Sementara, untuk tingkat SMK, ada 110 kepala sekolah yang lulus seleksi. Padahal, posisi yang dibutuhkan saat ini hanya 63.

"Artinya kepala sekolah harus hati-hati. Kalau tidak menunjukkan performa yang baik, akan langsung diganti. Karena yang waiting list sudah banyak," kata Jokowi pada saat memberikan pengarahan pada ratusan kepala sekolah hasil lelang pada Rabu lalu, (19/3).

Sebelumnya, para kepala sekolah tersebut telah mengikuti serangkaian tes yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta. Tes meliputi kemampuan akademis, psikotest, tes kesehatan, tes kemampuan manajerial, dan lain-lain.

Lelang jabatan kepala sekolah ini merupakan sistem seleksi terbuka kedua yang diadakan oleh Pemprov DKI. Sebelumnya, Pemprov DKI telah melakukan lelang jabatan untuk posisi lurah dan camat. Sistem yang baru ada di era kepemimpinan Jokowi ini bertujuan untuk mereformasi sistem birokrasi untuk menghasilkan pejabat-pejabat yang lebih berkualitas.


1Komentar
27 Mar, 2014 13:53
avatar
lelang jabatan adalah cara yang paling tepat untuk memutus "tali silaturahmi" antara kepala sekolah dan atasan. utamakan moral para calon kepsek dari pada sekedar tes yang bisa bocor duluan. he
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    657 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.719 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    144 respon

Total Respon: 3.520
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft