Republika Online
Updated: Sat, 06 Apr 2013 10:54:31 GMT

Fadli Zon: Danjen Kopassus Kesatria



Fadli Zon: Danjen Kopassus Kesatria

Fadli Zon: Danjen Kopassus Kesatria

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon menilai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Agus Sutomo bersikap kesatria dan mencerminkan pemimpin bertanggung jawab.

"Kesatria, bertanggung jawab, tak cuci tangan, dan tak lari dari perbuatan salah yang dilakukan anak buah. Ia juga berani memastikan prajuritnya untuk menjalani proses hukum," katanya dalam pernyataan tertulis di yang diterima via layanan pesan BlackBerry di Yogyakarta, Sabtu (6/4) menanggapi pernyataan Danjen Kopassus.

Danjen Kopassus di Jakarta, Jumat (5/4) menyatakan bertanggung jawab atas tindakan 11 anggota Grup 2 Kopassus, Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Jateng, yang menyerang Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (23/3) dini hari, sehingga menyebabkan empat tahanan tewas.

Sikap Danjen Kopassus yang menyatakan bahwa dirinyalah yang paling terdepan bertanggung jawab atas perbuatan anak buahnya, merupakan sikap kesatria, begitu pula dengan sikap prajuritnya yang siap diproses hukum, kata Fadli.

"Ini sikap yang jarang ditemukan pada pemimpin lainnya saat ini, yang cenderung angkat tangan, atau melakukan pembiaran ketika bawahan melakukan kesalahan," ucap Fadli, salah seorang kepercayaan mantan Danjen Kopassus dan mantan Panglima Kostrad Letjen (Purn) Prabowo Subianto.

Menurut dia, sikap Danjen Kopassus patut dicontoh pemimpin lembaga manapun di negeri ini.

"Di balik kewenangan dan kekuasaan seorang pemimpin, ada tanggung jawab. Inilah dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Kadang pejabat hanya mau kekuasaan dan kehormatannya tetapi tak mau tanggung jawab atas amanah yang disandang," tuturnya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.991 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.332 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    746 respon

Total Respon: 8.069
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft