Republika Online
Updated: Fri, 20 Jul 2012 16:40:59 GMT

Eksekutif Diminta tak Beri Celah Legislatif Korupsi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie berharap, eksekutif tidak memberi celah kepada leg...


Eksekutif Diminta tak Beri Celah Legislatif Korupsi

Eksekutif Diminta tak Beri Celah Legislatif Korupsi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie berharap, eksekutif tidak memberi celah kepada legislatif untuk korupsi. Bila hal ini dilakukan, Marzuki yakin korupsi tidak akan terjadi baik di legislatif maupun eksekutif.

"Persoalannya ada yang ngojok-ngojokin (membujuk). Sehingga terjadilah korupsi di DPR itu," kata Marzuki kepada wartawan saat dimintai pendapat soal pernyataan SBY bahwa ada kongkalikong antara eksekutif dan legislatif dalam perbuatan korupsi, Jumat (20/7), di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Marzuki mengatakan korupsi di legislatif tak mungkin berdiri sendiri. Di dalamnya pasti terdapat peran eksekutif. "Saya jamin 100 persen terkait dengan eksekutif," ujarnya. Marzuki mencontohkan, kasus korupsi Alquran yang melibatkan anggota DPR saat ini.

Marzuki menyatakan, bila DPR ingin bersih dari korupsi, eksekutif sebaiknya tidak memberikan apa-apa setiap ingin mengajukan anggaran. Hal ini diakui Marzuki akan membuat proses pencairan anggaran tidak maksimal dan berlarut, namun ini lebih baik daripada mendapat anggaran besar tapi dikorupsi. "Anggaran belum dapat besar biar saja. Tahun depan kan bisa mengajukan lagi," katanya.

Kembali ke pernyataan SBY, Marzuki menilai, pernyataan itu tepat. Menurut Marzuki pernyataan itu merupakan peringatan kepada para menteri untuk mengawasi kinerja bawahan mereka. Di sisi lain pernyataan itu juga merupakan peringatan kepada fraksi-fraksi di DPR agar lebih ketat mengawasi anggotanya.




0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.399 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.311 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    477 respon

Total Respon: 7.187
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft