Republika Online
Updated: Sun, 03 Feb 2013 15:22:06 GMT

Duh! Harga Daging Sapi RI Termahal di Dunia



Duh! Harga Daging Sapi RI Termahal di Dunia

Duh! Harga Daging Sapi RI Termahal di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga daging sapi segar di pasar tradisonal di daerah Jakarta dan sekitarnya masih tinggi. Berdasarkan pantauan ROL di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Ahad (3/1), harga daging sapi lokal berada di kisaran Rp 90 ribu per kilogram (kg).

Eka (24), salah seorang karyawan di kios daging di pasar ini mengatakan kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak perayaan Idul Adha dan Tahun baru lalu. Ia menuturkan, biasanya daging sapi lokal dijual dengan harga Rp 80 ribu per kg. Sementara untuk daging sapi impor Rp 70 ribu per kg.

"Sekarang di Pasar Senen daging impor sudah tidak ada yang jual, karena harganya sama saja kayak daging lokal," jelas Eka.

Tingginya harga daging tersebut, menurut Eka, juga berimbas pada menurunnya omzet di kios dagingnya hingga 50 persen. Selain itu, Eka yang juga bekerja di sebuah rumah pemotongan hewan (RPH) di Bekasi ini mengatakan bila dulu dalam sehari ia bisa memotong empat hingga lima ekor sapi, sekarang hanya memotong dua ekor sapi saja.

Pedagang daging lainnya, Rohmat bahkan mengatakan ia sempat tidak berjualan selama tiga hari akibat harga daging yang mahal beberapa waktu lalu. "Kita beli dagingnya bisa, jualnya sudah tidak bisa. Sekarang tidak bisa lagi jual Rp 80 ribu perkilo, sudah rugi," terangnya.

Meski harga daging saat ini masih relatif mahal, Rohmat yang mengaku bisa menjual hingga 200 kg daging sapi perhari ini mengatakan omzetnya sudah mulai stabil.

Harga daging yang masih tinggi juga dikeluhkan oleh pembeli. Umi (63 tahun) mengaku harga daging yang berada di harga Rp 90 ribu per kg ini sangat memberatkan rakyat kecil seperti dirinya. Meski demikian, ia tetap membeli daging karena kebutuhan. "Kalau dulu kan Rp 70 ribu, sekarang tambah mahal aja. Turunin harga daging gitu, rakyat kecil repot," ujar pemilik warung makan di daerah Johar Baru ini.

Menurut data Bank Dunia, harga daging sapi di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia. Di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, harga daging hanya berkisar di harga Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per kg.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.191 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.252 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    454 respon

Total Respon: 6.897
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft