Republika Online
Updated: Tue, 14 May 2013 06:16:12 GMT

Dua Pendaki Merbabu Tersesat



REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Dua orang pendaki gunung Merbabu dikabarkan tersesat dan hingga saat ini belum diketahui nasibnya. Pendaki tersebut bernama Antok (17 tahun ) dan Puguh Adi Saputro (19).

Mereka mengawali pendakian dari basecamp Cunthel, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Salah satu tim SAR, Agus Surolawe mengatakan kedua pendaki meninggalkan posko Cunthel, Senin (13/5) pukul 03.30 WIB.

Saat berangkat, keduanya membawa perbekalan cukup serta peralatan komunikasi handytalky (HT) dan handphone (HP)."Berdasarkan laporan, tujuan puncak Merbabu dan turun ke basecamp Selo," ujarnya, saat dikonfirmasi per telepon, Selasa (14/5).

Kontak terakhir, jelasnya, terpantau pada Senin (13/5) siang kemarin melalui pesan singkat (sms) yang mengabarkan keduanya tersesat. Upaya pencarian sudah diupayakan oleh tiga tim SAR dari basecamp Chuntel, SAR Getasan serta tim SAR Manggala.

"Penyisiran di jalur pandakian sudah dilakukan untuk melakukan penjemputan, tetapi tidak menemukan keberadaan kedua pendaki ini," lanjutnya. Tim juga kesulitan memancarkan frekuensi sinyal HP dan HT ketika berada dijalur pendakian hingga puncak Merbabu.

Pada saat pencarian, kondisi cuaca di Getasan terpantau cerah. Namun puncak Merbabu --secara visual-- terhalang oleh kabut tebal. Hingga pukul 02.30 WIB Posko Selo juga belum melaporkan kedua pendaki turun melalui jalur Selo, kabupaten Boyolali.

"Kini tim SAR masih berkoordinasi kembali untuk mengupayakan pencarian di lokasi kemungkinan keduanya tersesat," lanjut Agus.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    20 %
    Setuju
    288 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    1.110 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    43 respon

Total Respon: 1.441
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft