Republika Online
Updated: Fri, 02 Aug 2013 17:45:50 GMT

Dicari: Relawan Pemilu 2014



Dicari: Relawan Pemilu 2014

Dicari: Relawan Pemilu 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, pemberantasan mafia pemilu butuh relawan pemilu yang rela mengawal pemilu agar lebih baik.

Menurutnya, mafia pemilu selama ini bekerja untuk memenangkan pihak tertentu."Para relawan ini mengawasi pemilu agar pemilu terselenggara secara free and fair, juga terhindar dari penyimpangan," katanya di Jakarta, Jumat, (2/8).

Bawaslu periode sekarang, kata Siti, sudah dikuatkan kewenangannya. Tinggal bagaimana mereka melaksanakan tugasnya dengan profesional handal mengawasi dan mencegah kemungkinan adanya pelanggaran.

Selain itu, saat ini juga sudah terdapat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang siap menjaga etika, dan norma penyelenggaraan pemilu.

Bila ada penyimpangan yang dilakukan para penyelenggara, terang Siti, DKPP akan menyidangkan dan memberi penalti. Dengan komposisi lembaga yang ada yakni, KPU, Bawaslu dan DKPP serta para Relawan Pemilu diharapkan keempat kekuatan ini bisa menyukseskan Pemilu 2014.

"Kalau ada komisioner KPU melakukan pelanggaran etika, akan masuk ke ranah DKPP. Pelanggaran hukumnya juga akan diproses secara hukum," ujar Siti.

Relawan pemilu dan media, lanjut Siti, bisa berkolaborasi mengawasi pemilu dengan menyebarluaskan info tentang penyimpangan yang dilakukan, baik KPU maupun Bawaslu.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.127 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.240 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    452 respon

Total Respon: 6.819
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft