Republika Online
Updated: Sat, 18 May 2013 18:10:55 GMT

Demokrat Persilahkan Eyang Subur Nyapres



Demokrat Persilahkan Eyang Subur Nyapres

Demokrat Persilahkan Eyang Subur Nyapres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok mempersilahkan semua orang yang merasa memiliki kemampuan menjadi presiden, mendaftar dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat untuk Pilpres 2014 mendatang.

"Semuanya kan bisa daftar, Eyang Subur juga bisa, Gita Wirjawan juga bisa. Tapi layak atau tidaknya kan perlu dinilai," kata Mubarok saat dihubungi ROL, Sabtu (18/5).

Mubarok mengungkapkan, Demokrat menyiapkan tim independen untuk menjaring dan menyeleksi tokoh-tokoh yang mendaftar dalam konvensi calon presiden untuk Pemilu 2014 mendatang.

"Semalam kami (dewan pembina) rapat menyiapkan juklak (petunjuk pelaksanaan) konvensi. Kami akan siapkan tim independen untuk menilai dan memberikan masukan," kata Mubarok.

Tim independen itu nantinya, menurut Mubarok akan memberikan penilaian dan masukan, terhadap semua pendaftar yang tertarik ikut dalam konvensi capres yang diadakan Partai Demokrat. Beberapa tokoh nasional seperti Anies Baswedan, Jimly Asshidiqie, hingga Tjipta Lesmana disebutnya akan mengisi formasi tim independen tersebut.

Sistem konvensi yang akan diusung Demokrat, dikatakan Mubarok sangat terbuka. Semua orang, yang merasa memiliki kemampuan menjadi presiden, dipersilahkan mendaftar. Karena konvensi diadakan untuk mencari capres bagi rakyat Indonesia. Bukan konvensi mencari presiden Partai Demokrat.

Mubarok menuturkan, dengan sistem terbuka itu, semua orang memiliki kesempatan yang sama. Artinya, semua tokoh dari latar belakang apapun bisa mendaftar. Agar didapatkan nama-nama yang benar-benar berkualitas, Partai Demokrat menyiapkan tim penilai yang sifatnya independen.

Namun, disampaikan Mubarok, juklak yang disusun masih dalam tahap pembahasan. Selanjutnya akan disusun petunjuk teknis, dan persiapan penyaringan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie mengatakan Juni 2013 nanti akan dilakukan pendahuluan pelaksanaan konvensi. Ada beberapa kriteria yang ditetapkan Partai Demokrat untuk menyeleksi calon presidennya. Di antaranya, berintegritas yang teruji, berpengalaman memegang jabatan publik, berkapasitas, dan bersih dari kasus hukum. Setelah para kandidat lolos pendaftaran calon akan mengikuti beberapa jenis seleksi.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.866 respon
  2. 66 %
    Tidak
    4.952 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    693 respon

Total Respon: 7.511
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft