Republika Online
Updated: Wed, 25 Dec 2013 16:20:38 GMT

Demokrat Berkoalisi Dengan Gerindra?



Demokrat Berkoalisi Dengan Gerindra?

Demokrat Berkoalisi Dengan Gerindra?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat mengisyaratkan siap berkoalisi dengan Partai Gerindra. Mereka percaya koalisi Demokrat-Gerindra bakal mendapat respon positif rakyat. "Sangat bagus kalau Gerindra menggagas koalisi dengan Demokrat dari sekarang," kata Ketua DPP Partai Demokrat, Achsanul Qosasih ketika dihubungi ROL, Rabu (25/12).

Achsanul mengatakan koalisi Demokrat-Gerindra relatif tidak memiliki hambatan. Dari sisi kepemimpinan partai, baik SBY maupun Prabowo sama-sama memiliki latar belakang militer. Hal itu membuat keduanya memiliki visi dan wawasan kebangsaan yang sama. Dari sisi partai, baik Gerindra maupun Demokrat relatif memiliki platform yang sama. "Mereka mengedepankan NKRI," ujarnya.

Politisi asal Madura ini menilai wacana koalisi Demokrat-Gerindra akan memiliki efek positif bagi kedua partai. Pasalnya wacana koalisi muncul jauh sebelum hasil pemilu legislatif ditentukan. Dengan begitu rakyat tidak akan memiliki pikiran negatif apabila pada nantinya wacana ini benar terwujud. "Wacana koalisi ini disambut rakyat. Saya sendiri banyak menerima sms yang mendukung," katanya.

Demokrat akan bersikap realitis dalam membangun berkoalisi. Achsanul mengatakan partainya siap hanya mendapat jatah cawapres bila ternyata dalam pemilu legislatif nanti Demokrat tidak mampu menembus syarat presidential threshold. Namun bila berhasil tembus Demokrat dipastikan akan mengusung capres sendiri.

"Kalau tidak memungkinkan maju sendiri Demokrat tidak akan memaksakan diri. Pak SBY bilang kami mesti tahu diri," ujarnya.

Kendati menilai positif wacana koalisi Demokrat-Gerinda, Achsanul mengaku sampai saat ini partainya belum melakukan pembahasan internal. Menurutnya Demokrat tetap akan menunggu hasil pemilu legislatif sebelum memutuskan kata sepakat berkoalisi. "Kepastian koalisi masih jauh. Terlalu pagi kalau diputuskan sekarang," katanya.

Wacana koalisi Demokrat-Gerindra mencuat usai pertemuan SBY dan Prabowo di Istana Negara, Selasa (24/12). Ini merupakan pertemuan kedua sejak Maret 2013 lalu.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.838 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.145 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    419 respon

Total Respon: 6.402
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft