Republika Online
Updated: Fri, 08 Mar 2013 23:50:00 GMT

Bus Tidak Laik Jalan di Sukabumi Dijaring Petugas



Bus Tidak Laik Jalan di Sukabumi Dijaring Petugas

Bus Tidak Laik Jalan di Sukabumi Dijaring Petugas

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi dan Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi berhasil menjaring empat bus tidak laik jalan yang tengah beroperasi, Jumat (8/3).

Dalam razia di depan Terminal Cibadak, Kabupaten Sukabumi ini petugas gabungan tersebut menemukan bus yang menggunakan ban vulkanisir serta sudah tipis. Selain itu mayoritas bus yang terjaring tersebut masa KIRnya sudah habis dan tidak laik jalan.

"Empat bus tersebut sudah kami amankan dan para penumpangnya kami pindahkan ke bus yang laik jalan. Bus yang disita sementara itu sangat tidak laik jalan karena dengan kondisi mesin dan ban sudah tidak layak digunakan lagi dan khawatir bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas," kata Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Zainul Arifin kepada wartawan, Jumat (8/3).

Sementara itu Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi (Dal Ops) Dishub Kabupaten Sukabumi Asep Somantri menambahkan, uji KIR dan kelaikan jalan harus secara rutin dilakukan oleh pengusaha otomotif dan tidak hanya bus, kendaraan lain pun seperti angkutan kota, truk dan colt L-300 wajib melakukan uji kelaikan jalan.

"Dari empat bus yang kami tilang, yakni jurusan Sukabumi-Kampung Rambutan (Jakarta) dan Sukabumi-Depok, mayoritas bus yang terjaring tersebut karena faktor mesin dan ban yang tidak layak guna," tambahnya.

Ia mengatakan, razia seperti ini akan rutin dilakukan oleh pihaknya yang tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas seperti yang terjadi di Cianjur yang menyebabkan dari dua kasus kecelakaan tersebut sebanyak 34 orang meninggal dunia.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.868 respon
  2. 66 %
    Tidak
    4.953 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    693 respon

Total Respon: 7.514
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft