Republika Online
Updated: Wed, 15 May 2013 22:50:13 GMT

Bupati Mandailing Natal Jadi Tersangka Suap



Bupati Mandailing Natal Jadi Tersangka Suap

Bupati Mandailing Natal Jadi Tersangka Suap

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tiga orang yang ditangkap di Medan, Sumatra Utara pada dua hari belakangan ini. Salah satunya yaitu Bupati Mandailing Natal, Hidayat Batubara yang menjadi tersangka dengan pasal suap.

"HIB (Hidayat Batubara) yang adalah Bupati Mandailing Natal, disangkakan dan dijerat dengan pasal 12 huruf a atau pasal 11 UU nomor 20/2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi S.P dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/5).

Johan menjelaskan tim penyidik telah memutuskan untuk menaikkan status operasi tangkap tangan (OTT) terkait pemberian suap terhadap Bupati Mandailing Natal ke penyidikan. Selain Hidayat, dua orang yang ditangkap dalam OTT ini juga menjadi tersangka.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) pemkab Mandailing Natal, Khairil Anwar menjadi tersangka dengan dijerat dengan pasal 12 huruf a atau pasal 11 UU Tipikor. Sedangkan Surung Pandjaitan (SRG) dari swasta yang menjadi pemberi suap menjadi tersangka dengan dijerat pasal 5 ayat 1 huruf a atau pasal 13 UU Tipikor.

Khairil dan Surung telah tiba di Gedung KPK pada pukul 20.30 WIB. Sedangkan Bupati Mandailing Natal, Hidayat Batubara baru diterbangkan dari Bandara Polonia Medan pada pukul 20.00 WIB dan tiba di Gedung KPK pada pukul 22.45 WIB. Hidayat terlihat memakai baju kemeja berwarna hijau muda. Saat dicecar pertanyaan oleh wartawan, Hidayat enggan menjawabnya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.968 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.248 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    737 respon

Total Respon: 7.953
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft