Republika Online
Updated: Thu, 25 Apr 2013 18:05:10 GMT

BPK Akan Audit Pelaksanaan Ujian Nasional



BPK Akan Audit Pelaksanaan Ujian Nasional

BPK Akan Audit Pelaksanaan Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rizal Djalil, mengatakan BPK akan membentuk tim pemeriksa penyelenggaraan Ujian Nasional (UN). Audit dilakukan kepada UN tingkat pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun 2013 yang diduga bermasalah.

"Tim pemeriksa BPK RI telah menjadwalkan untuk meminta keterangan pejabat terkait pada minggu depan," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (25/4)

Rizal mengatakan salah satu tema pemeriksaan adalah masalah keterlambatan penyelenggaraan UN pada tingkat SMP dan SMA di berbagai daerah serta kontrak penggandaan dan distribusi soal UN."Penggandaan dan distribusi soal UN tingkat SMP dan SMA yang dipusatkan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaannya terlambat di beberapa provinsi," katanya.

Rizal mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan BPK berdasarkan kondisi di masyarakat yang menuntut penjelasan atas kekisruhan tersebut serta besarnya anggaran untuk menyelenggarakan UN tingkat SMP dan SMA, yaitu Rp 120,59 miliar.
"Pemeriksaan ini tidak menunggu berakhirnya tahun anggaran dan kami akan fokus pada persoalan dari hulu ke hilir termasuk masalah distribusi soal," katanya.
Tim pemeriksa tidak akan mengaudit penyelenggaraan UN tingkat SD yang memiliki anggaran senilai Rp85,57 miliar karena pelaksanaan penggandaan dan distribusi soal tidak terhambat, serta telah dilakukan di masing-masing provinsi.

Sebelumnya, Rizal mengatakan situasi yang sama telah terjadi pada penyelenggaraan UN tingkat SMP dan SMA pada tahun 2012, dan dari audit yang dilakukan terlihat bahwa penyelenggaraan dan distribusi soal UN lebih baik dilakukan di tingkat provinsi.
"Untuk itu, kami memberikan rekomendasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengembalikan penyelenggaraan UN ke provinsi seperti yang telah dilaksanakan sampai dengan tahun 2011," katanya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    822 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.532 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    184 respon

Total Respon: 4.538
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft