Republika Online
Updated: Sat, 13 Apr 2013 22:17:16 GMT

BPBD Imbau Pemasangan Peta Bahaya Letusan Gunung Guntur



BPBD Imbau Pemasangan Peta Bahaya Letusan Gunung Guntur

BPBD Imbau Pemasangan Peta Bahaya Letusan Gunung Guntur

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berharap peta bahaya bencana letusan Gunung Guntur dan jalur evakuasi selalu terpasang setiap tempat strategis terutama di kawasan objek wisata Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Seharusnya hotel di Cipanas Garut memasang peta jalur evakuasi untuk meminimalisir resiko bencana," kata Staf Ahli BPBD Jawa Barat, Gatot Muhammad Sudrajat di Cipanas Garut, Sabtu.

Ditemui saat memberikan sosialisasi mitigasi bencana letusan Gunung Guntur kepada para pengusaha dan manager hotel di wisata Cipanas itu, Gatot berharap keberadaan peta tersebut dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi menyelamatkan diri ketika terjadi letusan.

Peta jalur evakuasi dan daerah yang masuk rawan bencana letusan, kata Gatot, bukan hanya dipasang di hotel, tetapi setiap restoran, atau tempat-tempat keramaian masyarakat lainnya di Garut.

"Dengan adanya peta, warga sekitar kaki gunung atau wisatawan yang datang ke Garut bisa tahu jalur evakuasi itu kemana," katanya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut, Asep Irvan, menyatakan akan segera melaksanakan saran BPBD tersebut untuk memasang peta jalur evakuasi.

Bahkan, peta tersebut, kata Asep, akan dipasang disetiap restoran dengan harapan masyarakat atau wisatawan yang datang ke Garut dapat mengetahui zona aman letusan Gunung Guntur.

"Kita segera pasang peta di hotel dan restoran sesuai saran dari BPBD untuk membantu memberikan informasi kepada masyarakat," katanya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.380 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.466 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    924 respon

Total Respon: 9.770
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft